7 Tips Mendapatkan Rumah Kontrakan Untuk Pasangan Baru

mencari rumah kontrak

Mencari rumah kontrakan yang sesuai untuk pasangan baru bisa menjadi tantangan, tetapi dengan beberapa tips berikut, prosesnya bisa lebih mudah dan menyenangkan.

Apa yang Dimaksud dengan Rumah Kontrakan?

Rumah kontrakan adalah rumah atau hunian yang sengaja disewakan untuk jangka waktu tertentu. Dalam hal ini, penyewa akan membayar sejumlah uang sewa perbulan/pertahun sesuai dengan kesepakatan yang telah ditetapkan dalam kontrak.

Rumah kontrakan merupakan solusi bagi pasangan baru yang belum memiliki rumah sendiri, namun ingin memiliki tinggal terpisah dari orang tua. Hal ini biasanya lebih kepada keinginan untuk memiliki privacy dan alasan kemandirian.

Dengan menyewa rumah kontrakan, pasutri baru dapat menikmati privasi serta kebebasan dalam mengatur hunian mereka tanpa harus berkomitmen dengan pembelian rumah secara langsung.

Berikut ini adalah tips mencari rumah kontrakan untuk pasutri baru :

1. Tentukan Lokasi yang Diinginkan

Langkah pertama adalah menentukan lokasi yang diinginkan untuk rumah kontrakan. Pertimbangkan faktor seperti dekat dengan tempat kerja, aksesibilitas ke fasilitas umum, dan lingkungan sekitar yang aman dan nyaman untuk kehidupan bersama.

2. Atur Anggaran dengan Bijaksana

Tetapkan anggaran sewa yang sesuai dengan kemampuan finansial. Pastikan bahwa harga sewa rumah kontrakan bisa diakomodasi tanpa mengganggu keuangan pasangan baru. Jangan lupa untuk mempertimbangkan juga biaya-biaya lain seperti listrik, air, dan internet.

3. Gunakan Platform Online

Manfaatkan situs pencarian properti atau aplikasi khusus untuk mencari rumah kontrakan secara online. Fitur filter pada platform tersebut memudahkan pasangan baru untuk mencari rumah dengan kriteria tertentu, seperti lokasi, jumlah kamar, dan harga sewa.

4. Perhatikan Fasilitas Rumah

Pastikan rumah kontrakan memiliki fasilitas yang memadai untuk kebutuhan pasangan baru. Periksa kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan ruang tamu untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik dan nyaman digunakan.

5. Baca Ulasan dan Review

Sebelum mengambil keputusan, cari ulasan dan review dari penyewa sebelumnya yang pernah tinggal di rumah kontrakan yang diminati. Ulasan ini dapat memberikan gambaran lebih jelas tentang kualitas dan pengalaman tinggal di rumah tersebut.

6. Cari Kontrakan dengan Jangka Waktu Fleksibel

Jika pasangan baru belum yakin akan tinggal lama di suatu tempat, carilah rumah kontrakan dengan jangka waktu yang fleksibel. Pilih kontrakan bulanan atau kontrak dengan opsi perpanjangan yang lebih mudah.

7. Cek Kondisi Keamanan Rumah dan Lingkungan

Keamanan adalah faktor penting dalam memilih rumah kontrakan. Pastikan rumah dan lingkungan sekitarnya aman dari potensi bahaya dan memiliki sistem keamanan yang memadai.

8. Berpikir Jangka Panjang

Jika pasangan baru berencana tinggal dalam waktu yang lebih lama di suatu tempat, pertimbangkan juga pertumbuhan keluarga. Pilihlah rumah kontrakan yang cukup luas dan memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan keluarga yang mungkin bertambah di masa depan.

9. Periksa Peraturan dan Ketentuan Kontrak

Sebelum menandatangani kontrak, baca dan pahami dengan baik peraturan dan ketentuan yang tertera. Pastikan pasangan baru memahami hak dan kewajiban sebagai penyewa dalam rumah kontrakan tersebut.

10. Jangan Terburu-buru

Terkadang mencari rumah kontrakan yang sesuai memerlukan waktu dan kesabaran. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, luangkan waktu untuk mempertimbangkan dengan matang setiap pilihan yang ada.

Bagaimana Cara Mencari Kontrakan Online?

Mencari rumah kontrakan secara online telah menjadi cara yang populer dan efisien dalam mencari hunian. Berikut adalah langkah-langkah untuk mencari kontrakan secara online:

  1. Gunakan Platform Pencarian Properti: Manfaatkan situs atau aplikasi pencarian properti yang menyediakan fitur khusus untuk mencari rumah kontrakan. Beberapa contoh platform yang populer adalah Rumah123, OLX, atau Strategis.id yang merupakan platform baru yang berisi listing rumah disewakan terutama di daerah Aceh dan Sumatera

  2. Tentukan Lokasi: Pilih lokasi rumah kontrakan yang diinginkan. Tentukan area yang strategis, dekat dengan tempat kerja, sekolah, atau fasilitas umum lainnya yang penting bagi pasutri baru.

  3. Atur Budget: Tetapkan anggaran atau budget yang sesuai dengan kemampuan finansial. Gunakan filter harga pada platform pencarian properti untuk mencari rumah kontrakan yang sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

  4. Baca Review dan Komentar: Sebelum menghubungi pemilik rumah, baca review dan komentar dari penyewa sebelumnya yang pernah tinggal di rumah tersebut. Hal ini akan memberikan gambaran mengenai pengalaman orang lain dengan rumah kontrakan yang sedang dipertimbangkan.

  5. Hubungi Penyedia Kontrakan: Setelah menemukan beberapa pilihan rumah kontrakan yang menarik, hubungi pemilik atau agen properti untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan jadwalkan kunjungan untuk melihat langsung rumah yang diminati.

  6. Pastikan Kesesuaian: Saat melakukan kunjungan, periksa kembali kondisi rumah dan fasilitas yang disediakan. Pastikan rumah kontrakan tersebut memenuhi kebutuhan dan standar kenyamanan pasutri baru.

Kontrakan Rumah Bulanan

Kontrakan rumah bulanan adalah jenis sewa rumah dengan jangka waktu bulanan. Dalam hal ini, penyewa membayar sewa rumah setiap bulan dan biasanya tidak terikat oleh kontrak jangka panjang.

Kontrakan bulanan cocok untuk pasutri baru yang mungkin ingin mencari tempat tinggal sementara sebelum memutuskan untuk menyewa dengan jangka waktu yang lebih lama atau bahkan membeli rumah sendiri.

Bedanya Sewa Rumah dan Kontrak Rumah

Perbedaan antara sewa rumah dan kontrak rumah terletak pada tingkat komitmen dan jangka waktu penyewaan. Sewa rumah cenderung bersifat fleksibel dan tidak terikat dengan kontrak yang ketat. Biasanya, penyewa hanya membayar bulan per bulan dan dapat berhenti sewa sewaktu-waktu tanpa perlu mengikat diri dalam jangka waktu tertentu.

Sementara itu, kontrak rumah lebih formal dan biasanya memiliki jangka waktu yang telah ditetapkan, seperti satu tahun atau lebih. Penyewa harus menaati ketentuan dalam kontrak selama masa sewa yang telah ditentukan.

Kontrakan yang Cocok untuk Pasutri Baru

Untuk pasutri baru, kontrakan yang cocok adalah rumah dengan ukuran yang sesuai untuk dua orang dan memiliki fasilitas yang memadai. Pilihlah rumah kontrakan yang memberikan privasi, kenyamanan, dan keamanan.

Selain itu, lokasi yang dekat dengan tempat kerja atau kampus akan sangat menguntungkan bagi pasutri baru dalam mengatur mobilitas sehari-hari.

Kontrakan untuk Keluarga Kecil

Bagi pasutri baru yang berencana membentuk keluarga kecil di masa depan, pilihlah kontrakan yang dapat menampung perkembangan keluarga. Pertimbangkan jumlah kamar tidur dan ruang yang cukup untuk anak-anak jika keluarga akan bertambah.

Pastikan juga rumah kontrakan berada di lingkungan yang aman dan ramah anak untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan keluarga kecil yang akan datang.

Post Terbaru

Kategori

Tags: