Apa Bedanya Kost dan Kontrakan Secara Umum? Yuk Simak Lebih Lanjut!

Apa yang membuat kost dan kontrakan sering dipilih oleh orang perantauan? Mari simak ulasan perbedaan kost dan kontrakan untuk referensi tempat tinggal.

Kost dan kontrakan merupakan pilihan populer untuk kalangan individu dan keluarga di Indonesia. Mahasiswa dan pekerja yang sendiri memilih sewa kost karena lebih murah dan dekat dengan lokasi. Sedangkan, keluarga yang memilih kontrakan disebabkan oleh jumlah kamar yang memadai untuk anggota keluarganya. Kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang saling bertolak belakang. Perbedaannya terletak pada fasilitas, keamanan, biaya dan ketentuan kontrak sewa. Jika anda masih merasa bingung pilih kost sendiri atau sharing kontrakan dengan orang lain. Maka Anda dapat baca ulasan perbedaan umum antara kedua tempat tinggal ini dari Strategis.id.

 

 Apa Saja Perbedaan Antara Kost dan Kontrakan Secara Umum?

1. Ciri Ciri Kost

a. Durasi sewa kamar kost

Pada umumnya, kamar kost disewa per bulan per hari, bahkan ada yang mewajibkan bayar sewa 3 bulan di muka. Di sisi lain, kost juga sudah bisa disewa per hari dan per minggu.

b. Letak kamar kost

Bangunan kost biasanya terletak di dalam bagian rumah pemilik kost atau bangunan khusus kost.

c. Jumlah ruangan kost

Kost hanya memiliki 1 ruangan dan luasnya tidak terlalu berbeda dengan kamar kontrakan. Di dalam kamar kos biasanya terdapat tempat tidur, meja dan kursi, pendingin ruangan, dan lemari. Sedangkan, fasilitas yang disediakan oleh kos adalah kamar mandi sharing, laundry, dan dapur umum. Untuk kost dengan kamar mandi sendiri akan dikenakan biaya lebih.

d. Faktor harga sewa kost

Harga sewa relatif lebih murah daripada kontrakan, namun bisa berbeda tergantung lokasi, fasilitas, dan peraturan. Biaya sewa juga sudah termasuk biaya listrik, air, wifi, dan perawatan sehingga tidak perlu repot satu-satu.

e. Kost cocok untuk tinggal sendirian

Cocok untuk Anda yang tinggal sendiri dan mencari tempat tinggal sementara dan praktis karena mobilitas tinggi.

f. Kemanan kost

Keamanan di kost biasanya lebih terjamin karena ada penjaga di pintu masuk. Tetapi, penghuni kost perlu waspada karena pencurian barang kiriman masih bisa terjadi.

g. Aturan penghuni kost

Beberapa pemilik kost menerapkan aturan seperti jam malam bagi perempuan, larangan terhadap modifikasi ruangan, dan larangan tamu menginap. Tetapi, beberapa kost lainnya tidak menerapkan jam malam dan memberikan kunci pribadi kepada penghuni. Selain itu, peraturan kost biasanya melarang tamu dari luar menginap di kost dan jarang yang memperbolehkan tamu menginap.

 

2. Ciri Ciri Kontrakan

a. Durasi sewa kontrakan

Rumah kontrakan bisa disewakan secara bulanan atau tahunan, tergantung pada kontrak dengan pemilik.

b. Jumlah ruangan kontrakan

Bangunan kontrakan berupa rumah dengan luas kecil dan beberapa ruangan. Di dalamnya ada ruang tamu, kamar mandi, dapur dan lebih dari 1 kamar tidur. Untuk kontrakan yang mewah memiliki balkon, kolam renang pribadi, dan fasilitas lainnya.

c. Harga sewa kontrakan

Harga sewa relatif lebih mahal daripada kost, namun Anda dapat bayar sewa patungan dengan kenalan atau orang lain. Selain itu, biaya sewa kontrakan tidak termasuk tagihan listrik, air, internet dan telepon. Jadi, Anda perlu bayar tagihannya satu per satu atau harga sewanya sudah termasuk semua tagihan, tergantung pada perjanjian kontrak.

d. Kontrakan cocok untuk keluarga atau sharing

Cocok untuk keluarga kecil yang terdiri dari 3 atau 4 anggota keluarga. Anda juga dapat tinggal Bersama kenalan yang mau patungan untuk menekan biaya sewa per orang.

e. Keamanan di lingkungan kontrakan

Kontrakan terletak pada daerah perumahan yang biasanya dijaga oleh 1 sampai 4 orang satpam. Tetapi daerah perumah cukup luas dan tidak bisa dipantau semuanya setiap saat. Maka dari itu, Anda perlu mengunci semua pintu rumah dan menaruh benda berharga pada tempat yang aman.

f. Peraturan kontrakan

Peraturan kontrakan tidak seketat peraturan kost, pemilik kontrakan setidaknya hanya melarang modifikasi pada bangunan.

Tips Memilih Kost atau Kontrakan yang Sesuai Kebutuhan:

  1. Menentukan prioritas: Kost merupakan pilihan tepat untuk tempat tinggal sendiri yang hemat, praktis, dan nyaman. Jika Anda memiliki keluarga atau ingin bayar sewa patungan untuk menekan biaya hidup, Anda akan memilih kontrakan. Biaya menjadi faktor utama dalam memilih tempat tinggal, serta lokasi dan fasilitas yang Anda inginkan.
  2. Melakukan survei dan perbandingan: Pentingnya mencari informasi dan referensi dari berbagai sumber dan survey on-site. Anda bisa mulai mencari informasi harga dan review tempat tinggal dari Google. Kemudian, carilah website marketplace properti yang menyediakan informasi tentang lokasi, fasilitas, dan harga seperti Kostpedia, Mamikos, atau Rukita. Anda juga bisa bertanya kepada teman, keluarga, atau kolega yang sudah pernah tinggal di kost atau kontrakan.
  3. Menyesuaikan dengan anggaran dan lokasi: Lokasi akan menentukan harga kost atau kontrakan yang Anda pilih. Semakin dekat tempat tinggal dengan pusat kota atau fasilitas umum, harga tempat tinggal akan semakin mahal. Jadi, sesuaikan kemampuan finansial Anda dengan jarak tempuh ke tempat kerja atau kuliah. Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya transportasi, keamanan, aksesibilitas, atau fasilitas umum di sekitar kost atau kontrakan.
  4. Memperhatikan fasilitas dan peraturan: Fasilitas yang semakin lengkap akan meningkatkan harga kost atau kontrakan dan peraturan tempat tinggal juga bervariasi. Jadi, Anda perlu memastikan kost atau kontrakan memiliki fasilitas memadai dan peraturan yang fleksibel. Anda juga bisa menanyakan peraturan seperti jam malam, tamu, hewan peliharaan, rokok, alkohol, atau hal lainnya.
  5. Menjalin komunikasi dan hubungan baik: Opsi lainnya, Anda dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan penghuni lainnya, pemilik, dan penjaga kost atau satpam. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi tentang tempat tinggal, bantuan, dan kenyamanan di tempat tinggal.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih tempat tinggal yang nyaman.