Apa itu Underground Utility? Simak di Sini

apa itu underground utility

Mungkin sebagian dari kita masih belum familiar dengan istilah Underground Utility. Namun, underground utility sangat penting karena termasuk fasilitas umum.

Pengenalan Underground Utility

Apa Itu Underground Utility?

Jadi, apa sih sebenarnya underground utility itu? Nah, underground utility ini adalah jaringan infrastruktur penting yang ditanam/ada di bawah tanah, seperti pipa air, pipa gas, kabel listrik, fiber optik, dll.

Mengapa Perlu Mengetahui Underground Utility?

Tujuannya adalah untuk memastikan keamanan dan keandalan dari sistem-sistem penting ini. Dengan melakukan pemetaan, kita bisa tahu persis di mana letak dari pipa-pipa air, saluran listrik, dan kabel komunikasi ini. Jadi, ketika ada proyek konstruksi atau penggalian di daerah tersebut, kita bisa menghindari kerusakan yang bisa menyebabkan gangguan pasokan air, listrik, atau komunikasi.

Nah, untuk melihat kontak dan perusahaan yang bertanggung jawab atas underground utility di suatu daerah, kita bisa mencari melalui website pemerintah kota. Di Indonesia sendiri, nomor untuk penyedia layanan pelanggan listrik PLN sudah tersentralisasi, sedangkan untuk layanan air bersih PDAM berbeda di tiap kota dibawah kewenangan pemerintah kota setempat.

Dari sana, kita bisa mendapatkan informasi kontak yang bisa dihubungi jika ada masalah atau pertanyaan terkait dengan sistem underground utility di daerah tersebut.

Peran Underground Utility dalam Infrastruktur Kota

Tentu saja perannya sangat vital dalam memberikan akses dasar untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh warga kota. Semakin luas cakupan dari jaringan fasilitasnya, semakin nyaman bagi seluruh warga kota.

Contoh sederhana : Di sebuah titik di dalam kota, akan dibangun perumahan baru, jika jaringan pipa air, listirik, gas, internet sudah ada titik sambungnya, maka warga penghuni perumahan tidak perlu repot akan kebutuhan listrik, air bersih, gas untuk memasak, dan koneksi internet untuk bekerja.

Jenis-jenis Underground Utility

Pipa Air

Fasilitas paling vital, jika tidak ada fasilitas air, maka Anda akan susah untuk mandi, mencuci baju, membersihkan rumah, dll. Bayangkan jika Anda harus membeli air bersih setiap minggu untuk memenuhi kebutuhan keluarga Anda

Pipa Gas

Di luar negeri, penggunaan gas sudah lumrah. Di Indonesia, pelanggan pipa gas kebanyakan berada di kota besar saja. Gas digunakan untuk memasak, hingga mandi air hangat. Adanya jalur gas akan lebih murah dibanding membeli tabung LPG isi ulang.

Pipa Limbah

Pipa limbah di Indonesia masih belum banyak penggunaannya karena air limbah biasanya diarahkan melalui got dan sungai biasa. Namun saat ini sudah mulai digunakan box culvert untuk menutup got dan sungai, selain untuk melebarkan jalan juga menutup bau tidak sedap.

Kabel Listrik

Kabel jalur listrik jika diluar negeri sudah banyak yang menggunakan terowongan untuk jalur listrik. Hal ini membantu dalam hal kerapian dan keindahan kota yang minimal dari kabel yang bersliweran di sana-sini.

Kabel Telekomunikasi

Kabel telekomunikasi yang paling banyak digunakan adalah kabel fiber optik untuk internet. Jalur ini sangat krusial untuk kecepatan informasi dalam kota. Tak hanya dibutuhkan masyarakat, pemerintah juga menggunakan jalur ini untuk koneksi CCTV dan wifi publik.

Manfaat Underground Utility

Adapun beberapa manfaat underground utility bagi tata kota adalah sbb :

  1. Mengurangi Kerusakan Lingkungan
  2. Meningkatkan Keamanan
  3. Meningkatkan Efisiensi
  4. Meningkatkan Estetika Kota
  5. Maintenance Lebih Mudah

Tantangan Implementasi Underground Utility

Untuk kota yang sudah padat penduduk dan belum mempunyai jalur underground utility, agak sulit untuk menerapkan sistem ini karena harus membuat galian dan merusak jalan aspal untuk masang box culvert. Tentunya proyek ini akan sangat memakan biaya untuk menggali dan merapikan kembali seperti sediakala.

Pemasangan jalur instalasi baru yang tidak terkoordinasi dengan pemerintah kota akan menyebabkan kerusakan sistem lainnya yang sudah terpasang sebelumnya.

Contohnya yang pernah terjadi adalah, penggalian fiber optic yang menyebabkan pipa saluran air bersih menjadi bocor karena pihak kontraktor tidak mengetahui atau tidak memeriksa apakah di area galian ada instalasi lain yang sudah terpasang.

Kesimpulan

Underground utility adalah sistem instalasi jaringan di dalam kota yang mempunyai banyak manfaat. Meskipun di Indonesia masih sedikit diterapkan, tidak ada salahnya Anda mengetahui informasi ini untuk menambah wawasan. Sistem ini juga diterapkan di perumahan-perumahan kelas ekonomi atas karena biasanya pengembang sudah merencanakan dengan matang sistem instalasi ini untuk memberikan kenyamanan bagi calon penghuninya dengan lingkungan yang rapi dengan jaringan pipa dan kabel yang tertanam didalam tanah.

Post Terbaru

Kategori