Apa Perbedaan Cluster dan Residence?

apa perbedaan cluster dan residence

Istilah cluster dan residence sering kita dengar ketika berkunjung ke rumah teman atau saudara yang berada di perumahan.

Ada perumahan yang menggunakan istilah cluster dan ada yang menggunakan residence seperti Asana Residence Cibubur, namun apa sebenarnya perbedaan dari kedua jenis tipe perumahan ini?

Perbedaan Antara Cluster dan Residence

Cluster dan Residence adalah dua jenis perumahan yang berbeda dalam banyak aspek. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

Letak

Perbedaan mendasar antara cluster dan residence terletak pada lokasi fisiknya. Cluster, biasanya ditemukan di kawasan perkotaan atau dalam satu lingkungan perumahan yang lebih besar.

Lokasinya seringkali lebih dekat ke berbagai fasilitas perkotaan seperti pusat perbelanjaan, restoran, dan tempat kerja.

Di sisi lain, Residence umumnya berlokasi di daerah pinggiran kota yang lebih tenang. Daerah ini cenderung lebih luas dengan lebih sedikit kerumunan dan kepadatan penduduk.

Meskipun mungkin lebih jauh dari pusat perkotaan, residence ini sering menawarkan ketenangan dan privasi yang lebih, membuatnya menjadi pilihan populer bagi mereka yang mencari lingkungan yang lebih damai dan dekat dengan alam.

Jumlah Unit

Perbedaan antara cluster dan residence juga dapat dilihat dari jumlah unit rumah yang ada di masing-masing jenis pemukiman.

Cluster memiliki jumlah rumah yang lebih banyak dibandingkan dengan residence. Biasanya, cluster terdiri dari puluhan hingga ratusan unit rumah, menciptakan komunitas yang lebih padat.

Di sisi lain, residence memiliki jumlah unit yang lebih sedikit, seringkali hanya beberapa belas rumah, menjadikannya pilihan yang lebih cocok bagi mereka yang mencari privasi dan ketenangan dalam lingkungan yang lebih kecil.

Konsep dan Desain Rumah

Perbedaan antara cluster dan residence juga dapat dilihat dari desain rumah yang ada. Cluster seringkali memiliki desain rumah yang serupa atau seragam. Rumah-rumah dalam cluster bisa memiliki tampilan yang hampir identik, menciptakan kesan keseragaman dalam lingkungan tersebut.

Sementara itu, residence cenderung memiliki desain yang lebih bervariasi. Meskipun ada juga residence dengan desain minimalis dan seragam, seringkali Anda akan menemukan variasi yang lebih besar dalam tampilan rumah-rumah di lingkungan residence. 

Hal ini dapat menciptakan nuansa yang lebih unik dan beragam dalam pemukiman tersebut, yang sesuai dengan preferensi individu pemilik rumah.

Fasilitas Umum

Cluster seringkali memiliki akses bersama ke fasilitas umum seperti jalan masuk, taman, atau mungkin bahkan fasilitas olahraga atau kolam renang yang bersama-sama digunakan oleh penghuni Cluster.

Residence biasanya memiliki fasilitas umum yang lebih sederhana, dan penghuninya cenderung lebih independen dalam hal fasilitas.

Suasana Hunian

Cluster seringkali dikelilingi oleh tembok tinggi dengan satu gerbang (one gate system) dan seringkali memiliki sistem keamanan yang ketat, memberikan suasana yang lebih terlindungi.

Residence memiliki lingkungan yang lebih asri, tenang, dan cenderung memiliki polusi yang lebih sedikit karena berada di pinggiran kota.

Kesimpulan

Perbedaan perumahan cluster dan residence secara mendasar ada 4 yaitu dari mulai lokasi, jumlah unit, konsep dan desain rumah, fasilitas umum yang dimiliki, hingga ke suasana lingkungannya sendiri. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Perbedaan-perbedaan ini menyediakan pilihan bagi mereka yang mencari tempat tinggal, tergantung pada preferensi dan kebutuhan masing-masing individu.

Post Terbaru

Kategori