Apa Saja Furniture yang Dibutuhkan untuk Ruang Tamu Minimalis yang Modern?

Ruang tamu minimalis yang Modern perlu penataan ruangan dan furniture tepat. Konsep tersebut dapat memberikan kesan nyaman, rapi, dan estetis. Sebab, ruang tamu merupakan tempat berkumpul keluarga dan tamu untuk bersantai dan sosialisasi. Sehingga, penataan ruangan dan penampilan harus memperhatikan aspek keindahan dan kenyamanannya. Hal yang bersifat subjektif dan abstrak ini tentunya membuat pemilihan furniture memerlukan waktu untuk riset. Berikut beberapa rekomendasi untuk furniture yang cocok dengan konsep ruang tamu minimalis yang modern.

Sofa 2 Dudukan dan Sofa Bed

Sofa merupakan furniture wajib dalam ruang tamu untuk bersantai dan membuat tamu merasa nyaman. Oleh sebab itu, diperlukan sofa yang memiliki desain simple dan modern seperti sofa bed dan sofa 2 dudukan. Sofa dapat menggunakan warna netral seperti abu-abu, putih, atau coklat. Sehingga ruangan terlihat lebih bersih dan cerah. Sofa tersebut juga dapat dilengkapi dengan bantal sofa yang memiliki warna kontras atau motif unik untuk menambah aksen pada sofa.

Selain itu, Anda juga dapat menaruh sofa bed yang multifungsi untuk tempat duduk dan tiduran. Konsep multifungsi dapat memberikan kesan penampilan modern tetapi simple selain aspek warnanya. Sofa bed dapat digunakan untuk ruang tamu berukuran kecil untuk tempat tidur tamu inap. Namun, Anda perlu memastikan ukuran furniturenya untuk 2 tempat duduk dan tidak mendominasi luas ruangan.

Meja Kopi Multifungsi

Anda dapat menaruh benda pada meja kopi dan menjamu tamu yang berkunjung. Perabotan ini juga merupakan pusat perhatian di ruang tamu khususnya saat ngeteh atau makan. Untuk konsep ruangan minimalis, Anda dapat memilih meja kopi dengan desain simple dan punya dua fungsi. Furniture dua fungsi ini terdiri dari meja utama dan bagian kecil yang dapat berfungsi sebagai meja sudut. Anda hanya perlu menarik meja kecil dari meja utamanya dan memakai 2 meja tersebut. Bagian kosong dari meja utama yang lebih besar dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan atau rak. Ukuran meja kopi juga tidak besar dan hemat tempat karena terdiri dari 2 meja dalam 1 tempat.

Meja kopi dengan konsep minimalis memiliki warna netral seperti coklat, abu-abu, atau putih. Warna meja seperti ini dapat membuat ruangan terlihat lebih leluasa. Jika Anda ingin yang bertema lebih modern, meja kopi yang menggunakan kaca. Kaca yang tembus pandang dapat memberikan kesan ruangan yang lapang saat diletakkan di depan sofa. Selain itu, Anda bisa menambahkan hiasan atau aksesori untuk memberikan nuansa pada meja kopi.

Meja TV Minimalis

Mayoritas keluarga pasti memiliki setidaknya 1 televisi dalam rumahnya dan menaruhnya di atas meja TV dengan alat hiburan lainnya. Terdapat 2 jenis meja TV untuk konsep ruang tamu minimalis, yaitu meja tv minimalis dengan rak buku atau meja tv minimalis dengan laci. Kedua meja TV tersebut memiliki penampilan rapi dan praktis tanpa mengorbankan gaya. Dengan fungsi yang bisa menaruh banyak barang yang biasanya ditaruh di meja, meja TV membuat ruangan lebih lapang dan tertata.

Pada umumnya meja TV dibuat dari kayu solid, particle board, kaca, atau metal. Supaya ruangan kelihatan unik dan minimalis, Anda perlu memilih meja kayu berwarna netral atau kaca sehingga menyatu dengan penampilan ruangan dan tidak distracting.

Rak Buku atau Rak Hias

Komponen selanjutnya adalah rak buku atau rak hias yang juga sering disebut buffet ruang tamu. Rak berfungsi untuk menyimpan banyak barang dengan rapi dan simpel. Selain itu, Anda dapat memakai rak hias di ruang tamu sebagai untuk konsep ruangan terbuka. Untuk jenisnya, Anda dapat menemukan rak buku atau hias dengan berbagai ukuran, warna, bentuk, dan hiasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetapi, Anda perlu pastikan warna raknya netral dan senada dengan ruang tamu sehingga ruangan terlihat minimalis dan tetap modern.

Karpet

Untuk komponen yang terakhir, Anda memerlukan karpet untuk melengkapi set furniture ruang tamu yang minimalis dan modern. Karpet merupakan komponen yang dapat mengubah penampilan ruangan menjadi menarik atau tidak jika desainnya tidak cocok. Karena itu, Anda bisa melihat tema ruangan dan memilih karpet dengan tekstur, pola, atau motif yang sesuai. Misalkan, ruang tamu yang modern memiliki warna hitam dan putih. Maka, karpet berbulu dengan warna mustard kuning membuat ruangan lebih berwarna dan vibrant.

 

Sekian ulasan dari Strategis.id, semoga Anda dapat memilih furniture yang tepat untuk membuat ruang tamu yang minimalis dan modern. Anda juga dapat menambahkan hiasan dan pernak pernik seperti foto, tanaman, dan lampu sehingga suasana ruangan lebih vibrant.