Ingin Tau Kisaran Biaya Notaris Jual Beli Rumah Berapa? Yuk Simak Penjelasannya!

biaya notaris

Biaya notaris jual beli rumah merupakan salah satu komponen penting yang perlu Anda ketahui sebelum sah menjual atau membeli properti seperti rumah. Saat membeli dan menjual rumah, notaris menangani pemrosesan serta persiapan dokumen hukum terkait kontrak dan peraturan.

Yuk, simak penjelasan terkait jasa dan biaya notaris jual beli rumah di bawah ini.

Seberapa Mahal Biaya Notaris Jual Beli Rumah?

Mungkin diantara Anda ada yang berpikir kenapa biaya notaris mahal. Besaran biaya notaris jual beli rumah tergantung dari beberapa komponen faktor yang dapat menyebabkan biaya administrasinya menjadi lebih tinggi.

Cara Perhitungan Biaya Notaris Jual Beli Rumah

Perhitungan jasa notaris dapat bervariasi tergantung pada negara dan wilayah hukum tertentu serta memiliki dua nilai khusus yaitu nilai ekonomis dan sosiologis. Namun, terdapat beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam perhitungan jasa notaris. Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi biaya jasa notaris:

Jenis Dokumen

Biaya notaris akan tergantung pada jenis dokumen yang akan dibuat atau diproses oleh notaris. Misalnya, pembuatan akta jual beli rumah, akta pendirian perusahaan, akta wasiat, atau akta lainnya. 

Nilai Transaksi atau Nilai Dokumen

Biaya jasa notaris juga dapat terkait dengan nilai transaksi atau nilai dokumen yang terlibat. Semakin tinggi nilai transaksi atau nilai dokumen, semakin tinggi kemungkinan biaya jasa notaris.

Tarif yang Ditetapkan

Setiap negara atau wilayah mungkin memiliki tarif yang berbeda untuk jasa notaris. Biasanya, tarif notaris didasarkan pada peraturan atau kebijakan yang ditetapkan oleh badan pengawas atau organisasi notaris setempat.

Tambahan Biaya

Selain biaya dasar, ada juga tambahan biaya yang mungkin dikenakan oleh notaris. Misalnya, biaya administrasi, biaya materai, biaya pengurusan surat-surat tertentu, atau biaya pengiriman dokumen.

Kompleksitas dokumen

Jika dokumen yang akan diproses oleh notaris tergolong kompleks, misalnya melibatkan banyak pihak atau memiliki persyaratan khusus, biaya jasa notaris mungkin lebih tinggi.

Penting untuk dicatat bahwa perhitungan jasa notaris dapat berbeda-beda dan lebih baik untuk menghubungi notaris setempat atau kantor notaris untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat.

Notaris akan dapat memberikan informasi yang lebih spesifik mengenai tarif dan biaya yang berlaku dalam yurisdiksi tertentu.

Berapa Biaya Notaris Jual Beli Rumah KPR?

Biaya notaris untuk proses jual beli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dapat bervariasi tergantung pada negara, wilayah hukum, dan nilai transaksi rumah yang terlibat. Di bawah ini adalah kisaran beberapa biaya umum yang terkait dengan proses notaris dalam jual beli rumah dengan KPR:

Biaya Pembuatan Akta Jual Beli (AJB)

Biaya pembuatan akta jual beli atau biaya pengurusan Akta Pemberian Hak Tanggungan atau APHT. ini dilakukan oleh notaris. Rincian biaya tersebut dapat bervariasi tergantung pada nilai transaksi dan kompleksitas dokumen. Biasanya, biaya ini dihitung berdasarkan tarif yang ditetapkan oleh notaris dan dapat berkisar antara Rp250.000 hingga Rp750.000

Biaya Pengalihan Hak Tanah Bangunan (PHTB)

Biaya ini terkait dengan pengalihan hak kepemilikan rumah dari penjual ke pembeli. Biaya ini mungkin meliputi biaya administrasi, biaya materai, dan biaya pengurusan sertifikat tanah. Jumlah biaya ini juga dapat bervariasi tergantung pada nilai transaksi. Berdasarkan peraturan perpajakan tentang PHTB besaran biaya pajak penjual saat mengalihkan tanah/bangunan adalah sebagai berikut :

tarif PHTB

Pasal 1 ayat(2) PP 34/2016 jo Pasal 1 Ayat (4) PMK 26/2016

Biaya Pendaftaran Hak Kepemilikan

Setelah proses jual beli selesai, biasanya ada biaya untuk mendaftarkan hak kepemilikan rumah baru ke Badan Pertanahan Nasional atau instansi terkait. Biaya ini dapat mencakup biaya administrasi dan biaya pendaftaran sertifikat tanah.

Selain biaya notaris, dalam transaksi jual beli rumah dengan KPR, ada juga biaya lain yang perlu dipertimbangkan, seperti biaya administrasi bank, biaya penilaian properti, biaya premi asuransi, dan biaya lain yang terkait dengan pengajuan KPR.

Notaris dan bank memiliki peran penting untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang biaya-biaya tersebut. Notaris dan bank akan memberikan perkiraan biaya yang lebih spesifik berdasarkan situasi dan nilai transaksi yang terkait dengan jual beli rumah dengan KPR.

biaya notaris jual beli rumah ditanggung siapa

Biaya Notaris Jual Beli Rumah Ditanggung Siapa?

Biaya notaris dalam proses jual beli rumah biasanya dibebankan kepada kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli. Biasanya, pembagian biaya notaris ini akan diatur dalam perjanjian jual beli yang dibuat antara penjual dan pembeli.

Secara umum, berikut adalah pembagian biaya notaris yang umumnya berlaku:

Biaya Pembuatan Akta Jual Beli

Biaya ini biasanya dibagi secara proporsional antara penjual dan pembeli. Proporsi pembagian ini dapat disesuaikan berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Biaya Pengalihan Hak Tanah dan Bangunan (PHTB)

Biaya ini juga dapat dibagi secara proporsional antara penjual dan pembeli. Pembagian biaya ini juga dapat disesuaikan berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Selain pembagian biaya notaris, terdapat juga biaya lain yang terkait dengan transaksi jual beli rumah seperti biaya administrasi bank, biaya pendaftaran hak kepemilikan, biaya penilaian properti, pajak jual beli dan biaya lainnya. Pembagian biaya-biaya ini juga dapat diatur dalam perjanjian jual beli.

Penting untuk melakukan negosiasi dengan pihak lain dalam transaksi jual beli rumah, baik penjual maupun pembeli, untuk membahas pembagian biaya notaris dan biaya lainnya secara jelas dan saling menguntungkan.

Nah, itulah penjelasan terkait biaya notaris jual beli rumah yang perlu Anda ketahui sebelum menjual atau membeli rumah. 

Jika Anda berencana untuk menjual, menyewakan, atau membeli properti seperti hunian, tanah hingga ruang usaha, Strategis merupakan solusi jitu untuk Anda karena strategis.id berkomitmen untuk membantu konsumen menemukan properti yang nyaman serta berkualitas sesuai dengan budget Anda.

Post Terbaru

Kategori

Tags: