Cara Menjaga Kebersihan Rumah yang Anti Ribet

Semua orang pasti menginginkan rumah yang bersih dan rapi. Rumah bersih dan rapi dapat memberikan kenyamanan bagi keluarga yang tinggal di dalam rumah dan tamu yang datang. Namun, sebagian orang yang bekerja tidak memiliki banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan rumah secara menyeluruh dan rutin. Sedangkan, rumah kotor dapat menjadi tempat serangga bersarang dan sumber penyakit.

Jadi bagaimana cara menjaga kebersihan rumah yang tidak memakan banyak waktu dan tenaga? Anda tidak perlu khawatir dengan repot bersih-bersih rumah. Yuk, mari simak cara menjaga kebersihan rumah sehari-hari yang anti ribet di bawah ini.

1. Membuat Bersih-Bersih Rumah Menjadi Rutinitas Harian

Solusi untuk menjaga kebersihan rumah adalah membersihkan rumah secara rutin. Anda dapat membuat jadwal kegiatan bersih-bersih yang mudah dan alokasikan waktu 10 sampai 15 menit setiap hari. Misalkan, mencuci alat makan setelah makan, lap meja setelah dipakai, merapikan tempat tidur. Kebersihan secara rutin dapat mencegah debu yang menumpuk sehingga tidak memakan waktu dan tenaga untuk dibersihkan. Membersihkan bagian dalam rumah secara berkala juga dapat menghindari pertumbuhan kuman dan penyebarannya. Selain itu, kegiatan membersihkan yang dilakukan bersama-sama dapat membuat rumah menjadi bersih lebih cepat.

2. Merapikan Barang yang Sudah Dipakai dan Menyingkirkan Barang yang Tidak Dipakai

Salah satu penyebab utama rumah menjadi cepat kotor dan berdebu adalah barang yang tidak dirapikan. Selain itu, rumah bisa menjadi sarang hama dan penyakit untuk penderita alergi. Oleh karena itu, Anda harus memulai kebiasaan bersih-bersih rumah dengan merapikan dan menata barang dirumah. Setelah itu, Anda bisa mendonasikan barang-barang yang tidak dipakai dan membuang yang rusak. Sehingga, barang tidak memenuhi ruangan di rumah dan mudah dibersihkan.

3. Menjaga Tempat Tidur Supaya Tetap Bersih

Merapikan tempat tidur merupakan aktivitas yang sering dilupakan banyak orang. Karena banyak orang merasa lelah setelah bangun tidur atau tidak punya waktu untuk rapih-rapih. Padahal caranya cukup simpel dan dapat membantu Anda membangun kebiasaan bersih-bersih. Langkah pertama, Anda perlu merapikan selimut, menata bantal, dan membersihkan debu dengan kemoceng. Kemudian, Anda dapat membuka jendela kamar untuk pertukaran udara dan sinar matahari. Selain menjaga kebersihan tempat tidur, udara kamar menjadi lebih segar dan tidak lembab.

4. Sapu Lantai Hari Ini dan Pel di Hari Esok

Menyapu dan mengepel lantai merupakan kegiatan membersihkan yang membutuhkan waktu dan banyak tenaga. Pembersihan lantai perlu dilakukan setiap hari supaya kotoran dan debu tidak menumpuk dan mudah dibersihkan. Anda dapat membersihkan lantai dengan dicicil seperti menyapu saat pagi dan mengepel di sore hari.

Supaya lantai tidak cepat kotor dan selalu harus dibersihkan, Anda dapat membuat area alas kaki dari luar seperti sepatu dan sandal. Hal ini disebabkan oleh bagian bawah alas kaki yang dipakai keluar selalu berdebu dan kotor. Jadi, Anda perlu melepas sepatu atau sendal dari luar jika tidak mau membersihkan lantai terlalu sering.

5. Mencuci Alat Masak dan Alat Makan Setelah Digunakan

Setelah masak dan makan, beberapa orang pasti pernah berpikir untuk menunda cuci alat masak dan makan. Kemudian, noda panci dan piring yang kotor akan menjadi lengket, membandel, dan bau. Peralatan memasak dan makan yang kotor juga dapat mengundang hama seperti kecoa dan tikus. Hal ini juga dapat menjadi sarang penyakit. Karena itu, Anda harus membersihkan panic, piring atau mangkuk, gelas, alat makan, dan alat masak lainnya. Sehingga, kebersihan dapur atau ruangan makan tetap terjaga dan tidak menjadi kebiasaan.

6. Buang Sampah ke Dalam Tempatnya

Sampah yang dibiarkan berserakan terlalu lama akan mengundang hama dan membuat udara menjadi bau. Oleh sebab itu, pentingnya untuk membuang sampah ke dalam tong sampah yang sudah dipasangi kantong plastik. Akan lebih baik jika anggota keluarga lainnya menjadikan aktivitas ini sehari-hari untuk menaruh sampah pada tempatnya. Kebiasaan tersebut juga akan terbawa saat kita berada di tempat umum dan membantu menjaga kebersihan di luar.

7. Mencuci Pakaian Secara Teratur

Mencuci baju merupakan kegiatan kebersihan yang paling mudah dilakukan jika memakai mesin cuci. Jika Anda mencuci baju secara manual dan baju memiliki noda bandel akan terasa lebih berat. Oleh karena itu, Anda perlu mencicil dengan mencuci pakaian yang baru dipakai setiap hari. Mesin cuci juga lebih efisien sekarang karena air dan sabun disesuaikan dengan jumlah baju yang dicuci. Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan persediaan baju wangi lebih banyak setiap harinya.

8. Cara Bersih-Bersih dengan Alat Pembersih yang Tepat

Penting juga untuk memanfaatkan alat pembersih seperti vacuum cleaner, mesin cuci, lint roller, atau alat lainnya. Anda dapat menggunakan alat bantu untuk menghemat waktu dan tenaga dalam pekerjaan rumah tangga. Contohnya, Anda perlu memakai vacuum cleaner untuk menyedot debu di area yang susah dibersihkan. Selain itu, Anda juga bisa menjaga kebersihan dengan air purifier yang menjaga udara tetap bersih dan tidak mudah berdebu yang membuat orang alergi. Jadi, Anda perlu investasi dalam alat pembersih yang membantu membersihkan rumah.

9. Mengajak Anggota Keluarga untuk Ikut membersihkan Rumah

Menjaga kebersihan rumah merupakan kewajiban setiap anggota keluarga. Anda dapat mengajak anggota keluarga lainnya untuk ikut bersih-bersih dengan suasana yang menyenangkan. Anda bisa membuat sistem hadiah, memutar musik, atau lomba untuk memotivasi mereka. Hal ini dapat membangun kebiasaan bersih-bersih dan menjadikannya menyenangkan untuk dilakukan setiap hari.

 

Sekian dari cara menjaga kebersihan rumah anti ribet oleh Strategis.id. Semoga Anda dapat menikmati lingkungan bersih yang nyaman dan sehat bagi semua orang di dalam rumah. Rumah yang bersih dimulai bersih-bersih sebentar. Jadi tidak terlalu sulit kan untuk membersihkan rumah? Jika ingin rumah bebas dari lembab saat hujan, Anda dapat menyimak cara ampuh mengatasi rumah lembab.