Cara Simpel Menata Rumah Kecil untuk Pemilik yang Banyak Barang

Luas rumah atau tapak seperti type 36/60 sangat terbatas dan sulit ditata jika terdapat banyak barang di dalamnya. Namun, Anda dapat mengakalinya dengan berbagai cara seperti decluttering supaya rumah kecil terasa lebih luas dengan barang multifungsi. Selain itu, penerapannya dapat membuat ruangan dalam rumah terlihat lebih bersih dan rapi. Anda juga dapat menerapkannya di berbagai tempat seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, hingga dapur. Jadi bagaimana cara simpel menata rumah kecil untuk pemilik yang banyak barang? Strategis.id akan mengulas bagaimana cara menerapkan konsep tersebut untuk menata rumah berukuran kecil dengan cara mudah sebagai berikut.

Baca juga: Cara Menjaga Kebersihan Rumah yang Anti Ribet.

1. Apa itu Decluttering? Dan Bagaimana Melakukannya untuk Rumah Kecil?

Anda dapat mulai menata rumah minimalis dengan konsep decluttering untuk menyisihkan ruang gerak yang lapang. Decluttering merupakan cara menyortir barang-barang penting dengan fungsi yang digunakan untuk sehari-hari supaya rumah terasa lebih nyaman. Konsep ini juga membantu Anda dalam mencari barang yang diperlukan dengan lebih cepat dan mudah.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah decluttering sebagai berikut:

  1. Mulai dari ruangan yang paling mudah dibersihkan

Pertama-tama, Anda dapat mulai menata ruangan dengan sedikit barang seperti ruang makan atau dapur dengan cara decluttering. Sehingga, kegiatan rapih-rapih dapat diselesaikan dengan cepat, mudah, dan membuat Anda lebih rajin. Kemudian, Anda bisa membersihkan ruangan tersebut dan melanjutkan proses decluttering di ruangan dengan lebih banyak barang.

  1. Menyortir barang dengan metode empat kotak 

Kedua, Anda perlu menyortir barang-barang yang masih dipakai, rusak permanen, donasi, atau untuk diperbaiki dengan empat kotak. Metode tersebut merupakan cara menyimpan barang berdasarkan empat kategori yang dirancang ahli tata ruang dari Jepang, Marie Kondo. Cara ini mudah untuk diterapkan untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membereskan rumah.

  1. Siapkan satu kotak untuk barang yang jarang digunakan

Lalu, Anda dapat mempersiapkan satu kotak untuk barang-barang yang jarang digunakan, seperti perkakas rumah. Cara ini dilakukan supaya Anda tidak perlu menghabiskan waktu mengingat dan mencari barang-barang yang diperlukan di kemudian hari.

  1. Menggunakan lemari untuk menyimpan barang

Kemudian, Anda perlu menyimpan dan menyusun barang berdasarkan jenis ke dalam lemari yang memiliki partisi atau compartment. Lemari compartment bisa mempercepat pencarian barang yang dibutuhkan dengan mudah. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika tidak punya lemari partisi, dan dapat membuatnya sendiri dari karton atau kardus. 

  1. Membiasakan diri dengan decluttering

Setelah empat sudah dilaksanakan, Anda dapat mengulangi proses decluttering ini hingga menjadi kebiasan sehari-hari. Dengan kebiasaan decluttering, Anda dapat merasa lebih senang dan tidak mudah Lelah merapikan rumah.

2. Bagaimana Cara memanfaatkan tempat penyimpanan vertikal untuk rumah Kecil?

Luas ruangan untuk rumah kecil sangat terbatas dan menjadi tantangan untuk menyimpan barang banyak dengan rapi. Oleh sebab itu, Anda dapat memanfaatkan ruang atau tempat penyimpanan vertikal seperti tembok, gantungan baju, atau rak susun. Sehingga, Anda dapat menyimpan banyak barang tanpa mengambil banyak ruang lantai.

Untuk memanfaatkan ruang vertikal, Anda dapat mengikuti tips berikut:

  1.  Memakai tembok untuk tempat penyimpanan barang 

Opsi pertama adalah rak dinding atau lemari dengan rak susun untuk tempat menyimpan barang Anda. Yang penting adalah, Anda memilih rak atau lemari yang tidak terlalu panjang atau lebar supaya tidak makan tempat.

  1. Memanfaatkan ruangan di setiap sudut

Anda dapat menaruh barang di kolong ranjang, kolong lemari, kolong meja, atau ruang kosong di bawah tangga. Selain itu, Anda dapat menaruh lemari dengan rak susun atau rak dengan partisi penyimpanan supaya barang dapat disusun dengan rapi.

3. Bagaimana Cara Memilih furniture multifungsi untuk Rumah Kecil?

Selain ruang vertikal untuk menyimpan barang, Anda dapat menghemat ruang gerak dengan memakai furniture multifungsi. Hal ini dilakukan karena perabotan rumah memakan paling banyak tempat di rumah. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih furniture yang memiliki lebih dari satu fungsi seperti:

  • Sofa bed yang bisa digunakan untuk tempat duduk dan tidur.
  • Ranjang yang memiliki rak di bawahnya.
  • Rak portable yang terbuat dari bahan ringan sehingga mudah dipindahkan dan bisa ditaruh di sudut ruangan dan bawah tangga.

Baca juga: Tips Memilih Furniture Minimalis yang Tepat untuk Rumah Minimalis.

Dengan menerapkan decluttering, tempat penyimpanan vertikal, dan furniture multifungsi, Anda dapat menata banyak barang dengan rapi dan mudah. Selain itu, rumah Anda akan terasa lebih leluasa dan nyaman untuk ditinggali dengan menerapkan 3 konsep tersebut. Sekian artikel dari Strategis.id tentang cara simpel menata rumah kecil untuk pemilik yang banyak barang.