Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Sederhana Yang Bisa Kamu Contek

contoh surat perjanjian jual beli rumah sederhana

Jika Anda baru pertama kali bertransaksi dan ingin membuat surat perjanjian jual beli rumah, tentunya Anda mungkin membutuhkan contoh surat jual beli rumah dengan format yang tinggal edit.

Dalam artikel ini, dilampirkan contoh surat jual beli rumah yang dapat digunakan sebagai panduan dalam menyusun dokumen yang bisa langsung Anda salin atau download.

Sekilas Tentang Surat Jual Beli Rumah

Apa Itu Surat Jual Beli Rumah?

Surat Jual Beli Rumah adalah dokumen resmi yang digunakan untuk mencatat kesepakatan antara penjual dan pembeli dalam proses transaksi jual beli sebuah rumah.

Surat ini berfungsi sebagai bukti bahwa ada kesepakatan antara kedua belah pihak mengenai perpindahan kepemilikan properti tersebut.

Surat ini biasanya ditandatangani didepan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang biasanya merangkap sebagai notaris untuk memastikan keabsahannya.

Apa Fungsi Surat Jual Beli Rumah?

Surat Jual Beli atau SJB Rumah sangat penting karena berfungsi sebagai bukti sah dalam transaksi jual beli properti. Surat ini juga digunakan sebagai dasar untuk mengurus sertifikat rumah ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mengganti nama kepemilikan aset tersebut.

Dasar Hukum Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

Dalam surat perjanjian jual beli, penting untuk memenuhi persyaratan sah yang ditentukan dalam hukum, termasuk kesepakatan harga dan barang yang menjadi obyek transaksi. Surat perjanjian jual beli memang bisa jadi bukti yang kuat dalam pengaturan hak dan kewajiban kedua belah pihak, namun perlu diingat bahwa jika ada sengketa atau wanprestasi, pihak-pihak yang terlibat masih dapat mengajukan gugatan ke pengadilan untuk menyelesaikan perselisihan yang timbul.

Penting bagi para pihak yang terlibat dalam transaksi jual beli untuk memahami dan mematuhi dasar hukum yang berlaku agar terjamin keabsahan dan keberlakuan surat perjanjian jual beli. Disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli hukum atau notaris dalam pembuatan surat perjanjian jual beli untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan hukum yang berlaku.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah Simpel

Kami yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama Lengkap  :
No. KTP              :
Alamat                :
Pekerjaan           :

Yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA atau PENJUAL.

Nama Lengkap  :
No. KTP               :
Alamat                 :
Pekerjaan            :

Yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA atau PEMBELI.

Dalam kesepakatan ini, PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah setuju untuk melakukan transaksi jual beli sebuah rumah beserta tanah yang terlampir dengan keterangan tambahan:

Luas bangunan rumah yang tercatat adalah sebesar … meter persegi yang berdiri di atas sebidang tanah seluas … meter persegi. Lokasi rumah dan bangunan tersebut berada di … (lokasi).

Batas-Batas tanah dan bangunan:

Sebelah utara                :
Sebelah selatan             :
Sebelah barat                 :
Sebelah timur                :

Nomor SHM                  :

Total harga yang disepakati : Rp………………………………………..(terbilang)

 

PIHAK KEDUA akan melakukan pembayaran secara tunai atau melalui kredit dengan jangka waktu … dan nominal angsuran sebesar ……………….. (terbilang)*.

Dalam surat perjanjian jual beli rumah ini, PIHAK PERTAMA juga menyatakan dan menjamin hal-hal berikut:

  • PIHAK PERTAMA telah melakukan perbaikan di beberapa titik yang telah disepakati untuk menjadi tanggung jawab pemilik lama sebelum diserah terimakan

  • Rumah dan tanah telah terdaftar Sertifikat Hak Milik (SHM) atas nama PIHAK PERTAMA sebagai pemilik yang sah di mata hukum

  • Tanah dan rumah tidak dalam keadaan diagunkan atau dijaminkan untuk pinjaman kredit maupun personal, dan tidak sedang dalam kasus sengketa dengan pihak manapun.

  • Pasangan dan ahli waris dari PIHAK PERTAMA telah menyetujui transaksi sehingga tidak akan ada masalah di masa depan.

  • Apabila terjadi sengketa karena kelalaian maupun kesengajaan PIHAK PERTAMA, maka segala biaya dan konsekuensi hukum ditanggung oleh PIHAK PERTAMA

PIHAK KEDUA juga menjamin hal-hal berikut:

  • Berkomitmen menyetorkan uang pembelian rumah tersebut kepada PIHAK PERTAMA tepat waktu sesuai dengan metode pembayaran yang telah disepakati bersama.

  • Apabila terjadi ketidaksesuaian dalam pelaksanaan hak dan kewajiban berdasarkan isi perjanjian ini, atau salah satu pihak tidak memenuhi janji dan melalaikan tanggung jawabnya, pihak yang merasa dirugikan berhak mengajukan tuntutan ganti rugi secara resmi ke pengadilan setelah melalui proses musyawarah yang tidak membuahkan hasil.

Apabila dikemudian hari, salah satu pihak melakukan wanprestasi, ingkar janji dan melalaikan kewajibannya. Maka, pihak yang merasa dirugikan berhak mengajukan ganti rugi secara hukum ke pengadilan setelah proses musyawarah secara kekeluargan tidak menemukan jalan keluar.

Demikian Surat Perjanjian Jual Beli Rumah ini dibuat dengan sebenar-benarnya, tanpa paksaan dari pihak manapun untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Surat ini dapat digunakan sebagai dasar pembuatan AJB dan pengurusan sertifikat tanah di kantor pertanahan.

(Kota, Tanggal)

Pihak Penjual                                                                        Pihak Pembeli

 

[materai]

(Tanda Tangan & Nama Terang)                                 (Tanda Tangan & Nama Terang)

Download Contoh Surat Jual Beli Rumah Diatas Materai

Anda dapat mengunduh contoh surat perjanjian jual beli melalui berbagai sumber yang tersedia secara online. Surat perjanjian ini merupakan contoh yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam menyusun surat perjanjian jual beli tanah atau properti lainnya.

Dengan mengunduh contoh tersebut, Anda dapat mempelajari struktur dan isi yang tepat untuk memastikan kesesuaian dan keabsahan surat perjanjian yang akan Anda buat.

Pastikan untuk melakukan penyesuaian dan pengeditan sesuai dengan kebutuhan dan peraturan hukum yang berlaku.

Download File Word Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Rumah

Dalam melakukan transaksi jual beli rumah, penting bagi pihak-pihak yang terlibat untuk memahami dan mengetahui contoh surat jual beli yang ada.

Dengan menggunakan contoh surat jual beli sebagai panduan, para pihak dapat mencakup aspek-aspek penting dalam perjanjian tersebut, seperti hak dan kewajiban, pembayaran, jangka waktu, serta perlindungan hukum yang sesuai.

Dengan demikian, memiliki pengetahuan yang baik mengenai contoh surat jual beli rumah dapat memberikan kepastian dan keamanan bagi semua pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut.

Post Terbaru

Kategori

Tags: