Dimana Cari Info Rumah Subsidi? Ini Dia Platform Resminya!

info rumah subsidi

Info Rumah Subsidi – Mencari hunian yang terjangkau dan layak huni menjadi kebutuhan masyarakat , terutama bagi mereka dengan penghasilan rendah. Pemerintah melalui program Rumah Subsidi berupaya menyediakan solusi untuk masalah perumahan dengan harga terjangkau ini. 

Artikel ini akan membahas tentang Rumah Subsidi, termasuk definisi, syarat pembelian, cara mencari, dan pertanyaan umum seputar program ini. Selain itu, Anda juga akan menemukan platform resmi yang dapat diakses untuk mencari informasi mengenai Rumah Subsidi.

Apa Itu Rumah Subsidi

Rumah Subsidi adalah hunian yang dibangun sebagai bagian dari program pemerintah untuk menyediakan perumahan dengan harga terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)

Program ini bertujuan untuk memastikan bahwa siapa pun dapat memiliki hunian sendiri yang layak dan terjangkau.

Dengan adanya Rumah Subsidi, diharapkan akan membantu mengatasi masalah kesenjangan sosial dan memberikan akses perumahan yang lebih baik bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Mengapa disebut rumah bersubsidi? Karena jika rumah yang bisa dibeli sistem KPR ini memiliki harga jual yang ditentukan oleh pemerintah, selain itu Uang Muka yang ringan (bahkan mendapat subsidi), suku bunga tetap dan bisa dicicil hingga 20 tahun.

Syarat Membeli Rumah Subsidi

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa membeli Rumah Subsidi. Syarat-syarat ini ditetapkan oleh pemerintah untuk memastikan bahwa program ini benar-benar menyasar masyarakat berpenghasilan rendah yang membutuhkan hunian dengan harga terjangkau. Beberapa syarat umum untuk pembelian Rumah Subsidi antara lain:

  1. Penghasilan: Calon pembeli harus memiliki penghasilan di bawah batas tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Batas penghasilan ini berbeda-beda tergantung dari wilayah dan program Rumah Subsidi yang berlaku. Contoh untuk KPR BTN Sejahtera maksimal penghasilan untuk belum kawin adalah 6jt dan sudah kawin 8jt untuk daerah diluar Papua.
  2. Belum Memiliki Rumah: Calon pembeli juga harus membuktikan bahwa mereka belum memiliki rumah sendiri. Syarat ini diterapkan untuk memastikan bahwa program ini benar-benar mengakomodasi mereka yang memang membutuhkan hunian.
  3. Kewarganegaraan: Program Rumah Subsidi biasanya hanya berlaku untuk warga negara Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memberikan prioritas kepada warga negara dalam memperoleh hunian dengan harga terjangkau.

Cara Mencari Rumah Subsidi

Mencari Rumah Subsidi dapat menjadi proses yang menantang jika tidak tahu di mana mencari informasinya. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi dan akses internet yang semakin luas, kini mencari Rumah Subsidi menjadi lebih mudah. Berikut adalah beberapa cara untuk mencari Rumah Subsidi:

  1. Sikumbang: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki situs resmi yang menyediakan informasi mengenai program Rumah Subsidi yang sedang berlangsung. Situs ini menjadi sumber utama informasi terkini seputar info developer rumah subsidi di seluruh indonesia dan bisa diakses di https://sikumbang.tapera.go.id/

    info rumah subsidi


    Aplikasi SiKasep: Selain situs resmi, pemerintah juga telah menyediakan aplikasi android yang memudahkan pencarian Rumah Subsidi yaitu SiKasep (Sistem Informasi KPR Sejahtera). Aplikasi ini dapat diunduh dan diakses melalui Google Playstore di tautan SiKasep berikut ini.

    sikasep

  2. Bank dan Lembaga Keuangan: Beberapa bank dan lembaga keuangan juga menjadi mitra dalam program Rumah Subsidi. Informasi terkait program dapat ditemukan melalui situs resmi bank atau lembaga keuangan tersebut.
  3. Lembaga Konsultan Properti: Lembaga konsultan properti sering kali memiliki informasi terkini mengenai program Rumah Subsidi dan proyek-proyek perumahan subsidi yang sedang berjalan.
  4. Pameran Properti: Menghadiri pameran properti dapat memberikan kesempatan untuk bertemu langsung dengan pengembang dan mendapatkan informasi lebih detail mengenai Rumah Subsidi yang mereka tawarkan.

Apakah Rumah Subsidi Boleh Dijual?

Salah satu pertanyaan umum seputar Rumah Subsidi adalah apakah hunian ini boleh dijual atau tidak. Menurut aturan yang berlaku, Rumah Subsidi tidak boleh dijual dalam jangka waktu tertentu setelah pembelian[4]. Hal ini bertujuan untuk mencegah spekulasi dan memastikan bahwa Rumah Subsidi benar-benar digunakan oleh pemiliknya.

Namun, setelah jangka waktu tertentu, biasanya setelah beberapa tahun, pemilik Rumah Subsidi dapat menjualnya kembali dengan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, proses penjualan Rumah Subsidi harus melalui prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah dan lembaga terkait.

Berapa Gaji Minimal KPR subsidi

Salah satu pertimbangan penting bagi calon pembeli Rumah Subsidi adalah berapa gaji minimal yang dibutuhkan untuk mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi. Gaji minimal ini ditetapkan oleh bank atau lembaga keuangan yang menyediakan fasilitas KPR subsidi. Besaran gaji minimal ini dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan masing-masing bank atau lembaga keuangan.

Biasanya, gaji minimal yang dibutuhkan untuk KPR subsidi adalah dalam kisaran tertentu yang sesuai dengan program Rumah Subsidi yang berlaku. Calon pembeli harus memenuhi syarat gaji minimal ini untuk bisa mengajukan KPR subsidi.

Kesimpulan

Program Rumah Subsidi merupakan solusi yang penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan akses perumahan yang layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Untuk mencari informasi mengenai Rumah Subsidi, terdapat beberapa platform resmi yang dapat diakses, seperti situs resmi Kementerian PUPR dan aplikasi daring yang disediakan oleh pemerintah.

Selain itu, calon pembeli juga harus memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh pemerintah untuk bisa memiliki Rumah Subsidi.

Dengan informasi yang tepat, semoga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau sesuai dengan program Rumah Subsidi yang berlaku.

Post Terbaru

Kategori