Furniture Apa Saja yang Penting untuk Rumah Kecil?

Di kota besar, ruang untuk rumah semakin terbatas dan harga rumah semakin mahal. Sehingga, rumah berukuran kecil seperti rumah type 36/60 atau sering disebut rumah tapak. Ruang yang terbatas di dalam rumah kecil tidak cukup untuk mengakomodasi kebutuhan yang banyak. 

Baca juga: Cara Simpel Menata Rumah Kecil untuk Pemilik yang Banyak Barang

Namun, Anda tidak perlu mengorbankan nilai estetika untuk fungsionalitas dan masih mendapat ruang gerak yang lega. Jadi, Anda hanya perlu mencari furniture multifungsi dengan desain unik dan tidak mahal. Yuk, mari simak rekomendasi furniture yang sesuai dengan kebutuhan dan menarik untuk ruangan kecil dari Strategis.id.

Baca juga: Apa Saja Furniture yang Dibutuhkan untuk Ruang Tamu Minimalis yang Modern?

Sofa bed atau sofa multifungsi

Source: Alibaba

Sofa multifungsi cocok untuk ditempatkan di kamar tidur atau ruang tamu dalam rumah berukuran kecil. Anda dapat menggunakannya untuk bersantai dan beristirahat hanya dengan tutup dan buka sofa. Misalkan, Anda ingin senam tetapi ruangan yang kecil dan tempat tidur menghalangi ruang gerak Anda. Namun, karena Anda memiliki sofa bed untuk tempat tidur, Anda hanya perlu melipat furniture tersebut dan melanjutkan aktivitas.

Selain itu, Anda dapat memilih sofa bed yang memiliki ruang penyimpanan atau rak di bawahnya. Jadi Anda dapat menyimpan barang dan mengaksesnya dengan mudah jika ingin dipakai saat bersantai. Contohnya, di dalam raknya Anda bisa menyimpan buku, bantal, seprai, atau barang lainnya yang bisa dicari dengan cepat.

Jika Anda menaruh papan kayu triplek di atas tempat penyimpanan barang, Anda juga dapat menjadikannya tempat kerja lesehan.

Meja multifungsi

Meja multifungsi dibagi menjadi tiga berdasarkan desain dan fungsinya menjadi 3 jenis seperti berikut:

1. Meja susun

Source: Alibaba

Meja susun terdiri dari meja utama dengan 1 atau 2 meja kecil tambahan di dalamnya. Jadi meja-meja tersebut dapat digunakan oleh banyak orang atau tamu dan untuk berbagai macam pekerjaan. Meja ini juga dapat dipakai sebagai rak penyimpanan barang ukuran kecil remote dan majalah saat disusun jadi satu.

Meja tersebut didesain dengan mengutamakan aspek fungsi untuk ditempatkan di mana pun dalam ruangan yang kecil. Tetapi, penampilan meja tidak dilupakan dan terlihat minimalis dan modern untuk mempercantik rumah kecil.

2.  Meja dengan rak

Source: Alibaba

Meja kopi dengan rak ini unik karena memiliki dua rak dengan tutup di atas yang bisa dibuka dan ditutup. Untuk rak bagian atas, Anda dapat membukanya tanpa perlu membongkar penutup atasnya, karena memiliki engsel di dalamnya. Anda dapat menyimpan bermacam barang di dalam dua rak ini seperti buku, remote, bantal sofa, atau barang-barang hobi. Desain meja ini membuat ruangan terasa lapang dan terlihat modern dengan tempat penyimpanan yang banyak. Meja ini cocok untuk Anda yang ingin menghemat ruang tetapi ingin ruangan terlihat rapi.

3. Meja lipat

Source: Alibaba

Meja makan lipat cocok untuk rumah tapak yang didesain untuk menghemat banyak ruang saat tidak digunakan. Anda dapat membuka dan melipat daun meja dengan mudah sehingga meja bisa digunakan untuk dua atau empat orang. Anda juga dapat menyimpan kursi lipat yang tidak digunakan di dalam rak kedua yang tinggi. Selain itu, Anda bisa menyimpan alat makan, lilin, serbet, atau alat makan lainnya dalam rak pertama yang kotak. Ukuran yang sangat compact dan desain barat yang minimalistic membuat meja ini bisa ditempatkan di mana saja.

Membuat konsep dapur tersembunyi di dalam tembok

Source: Unsplash

Anda tidak perlu khawatir jika luas rumah Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk dapur yang lengkap. Anda dapat membangun konsep dapur tersembunyi dengan peralatan dapur yang ditaruh di dalam kabinet yang menyatu dengan tembok. Misalkan, rak dapur dalam lemari yang membaur dengan warna tembok. Di dalamnya, Anda juga akan mendapatkan kompor listrik atau gas, microwave, wastafel, sampai alat masak. Anda juga dapat menambahkan lampu, soket listrik, rak, atau tempat sampah sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda dapat memilih troli dapur atau rak dapur multifungsi.

1. Troli dapur

Troli ini dapat menampung berbagai macam alat dan bahan memasak yang dilengkapi dengan roda untuk memudahkan aktivitas dapur. Troli ini juga memiliki dua atau tiga ruas untuk menyimpan peralatan dan bahan makanan atau bumbu secara terpisah.

2. Rak dapur multifungsi

Rak dapur multifungsi juga dapat menjadi opsi lainnya untuk dapur minimalis dan bisa dijadikan meja makan untuk 3 orang. Furniture ini juga memberikan banyak ruang penyimpanan dan cukup dilipat jika tidak digunakan untuk menghemat ruang.

Rak dinding atau rak tempel

Source: Unsplash

Jika Anda bingung dalam memilih furniture apa yang tidak memakan banyak tempat, Anda dapat menempelkan rak pada dinding. Rak dinding hanya perlu tembok yang bisa dibor untuk dipasangi baut dan penyangga untuk menaruh rak. Rak ini sangat menghemat ruang lantai memanfaatkan ruang dengan maksimal untuk konsep rumah minimalis.

Tempat tidur multifungsi untuk segala aktivitas

Source: Alibaba

Sebelum beralih ke opsi terakhir, Anda perlu mempertimbangkan untuk memiliki tempat tidur multifungsi. Furniture ini sangat bermanfaat untuk rumah kecil yang tidak memiliki banyak ruang dan mengakomodasi beberapa aktivitas. Perabotan tersebut juga memiliki fungsi seperti tempat kerja, penyimpanan barang, tempat istirahat dalam satu barang. 

Anda dapat menarik meja yang dilengkapi dengan rak keluar jika ingin dipakai bekerja. Kemudian, Anda dapat memasukkan mejanya kembali jika tidak dipakai.

Membangun loteng kecil di dalam rumah

Source: Unsplash

Opsi terakhir adalah pembangunan loteng kecil di bagian atas rumah untuk tempat kerja Anda dengan konsep industrialis. Loteng ini juga dapat menyimpan berbagai macam barang dan memaksimalkan penggunaan area di rumah kecil. Selain itu, Anda dapat menata ruang dengan lebih leluasa karena loteng memberikan lebih banyak ruang lantai. 

 

Dengan rekomendasi furniture yang wajib dimiliki pemilik rumah kecil, Anda dapat membuat hunian terasa lebih lapang dan nyaman. Hal ini dikarenakan furniture yang dilengkapi fitur multifungsi, desain minimalis, penampilan modern, dan compact atau kecil. Sehingga pemanfaatan dan penataan ruangan menjadi lebih efisien dan mudah.