Hotel Budget : Peluang Bisnis Menjanjikan Bagi Investor Properti

bisnis hotel budget

Hotel budget adalah segmen industri perhotelan yang menawarkan akomodasi terjangkau tanpa mengorbankan kenyamanan. Jika Anda sering berwisata atau travelling, Anda pasti sudah tidak asing dengan brand seperti OYO, RedDoorz, Airy yang menyediakan kamar hotel berkualitas dengan harga murah. 

Bagi para investor properti, bisnis hotel murah menjanjikan peluang yang menarik. Sebelum memulai usaha ini, penting untuk mencari referensi dan memahami berbagai aspek yang terkait dengan hotel budget.

Apa Yang Dimaksud Dengan Hotel Budget

Hotel budget adalah jenis hotel yang menawarkan kamar dengan harga terjangkau untuk para wisatawan atau pelancong yang mencari akomodasi hemat biaya. Hotel ini biasanya masuk ke dalam hotel non-bintang atau kelas melati.

Meskipun harganya lebih rendah daripada hotel biasa, hotel budget tetap memberikan fasilitas dasar yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tamu. Biasanya, hotel budget menyediakan kamar tidur dengan kamar mandi pribadi, televisi, dan akses internet.

Bedanya Hotel Budget dengan Hotel Biasa

Perbedaan utama antara hotel budget dan hotel biasa terletak pada harga kamar dan fasilitas yang disediakan. Hotel biasa atau hotel bintang memiliki fasilitas yang lebih lengkap, seperti restoran, kolam renang, spa, dan pusat kebugaran. 

Sementara itu, hotel budget fokus kepada kebutuhan dasar yaitu tempat bermalam dan menghilangkan fasilitas lain. Hal ini membuat harga kamar menjadi lebih terjangkau bagi tamu dengan anggaran terbatas.

Prospek Bisnis Hotel Budget

Prospek bisnis hotel budget sangat menjanjikan karena permintaan akan akomodasi terjangkau terus meningkat. Banyak wisatawan, terutama backpacker, pelancong bisnis, dan keluarga, mencari opsi akomodasi yang tidak menguras anggaran perjalanan mereka. 

Dalam kondisi perekonomian yang sulit, hotel dengan harga murah menjadi pilihan utama bagi banyak orang, sehingga menjamin tingkat okupansi yang stabil.

Berapa Lama Balik Modal Bisnis Hotel Budget

Waktu balik modal dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Lokasi hotel, tarif kamar, biaya operasional, dan tingkat okupansi/hunian akan memengaruhi lama waktu balik modal.

Dalam industri hotel, waktu balik modal biasanya berkisar antara 3 hingga 5 tahun. Namun, dengan strategi pemasaran yang efektif dan manajemen operasional yang baik, waktu balik modal dapat dipercepat.

Darimana Saja Penghasilan Hotel Budget

Penghasilan hotel budget berasal dari berbagai sumber, termasuk:

  • Tarif Kamar: Tarif kamar menjadi sumber pendapatan utama. Dengan menjual kamar dengan harga terjangkau, hotel dapat menarik lebih banyak tamu dan meningkatkan pendapatan.
  • Makanan dan Minuman: Beberapa hotel budget menyediakan layanan makanan dan minuman, seperti sarapan pagi/snack.
  • Laundry dan Layanan Tambahan: Anda juga dapat menghasilkan omset dari layanan tambahan, seperti layanan laundry, penyewaan kendaraan, atau tur wisata.

Berapa Biaya Membangun Hotel Budget

Biaya membangun hotel budget dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan lokasi hotel, serta tingkat fasilitas yang ingin disediakan.

Seberapa besar biaya membangun tentunya tergantung dari lahan dan luas bangunan yang direncanakan. Secara kasar biasanya para kontraktor menerapkan sistem perhitungan per meter persegi, dan berbeda untuk bangunan 1 lantai, 2 lantai, dan seterusnya.

Secara umum, hotel budget memerlukan investasi yang lebih rendah daripada hotel mewah. Namun, penting untuk merencanakan anggaran dengan cermat dan mempertimbangkan semua biaya, termasuk pembelian lahan, konstruksi bangunan, perabotan, dan pemasaran awal.

Anda bisa menghubungi beberapa kontraktor untuk meminta anggaran biaya kasar untuk estimasi pembangunan atau renovasi sesuai dengan desain bangunan yang Anda inginkan. (Kami asumsikan Anda sudah mempunyai denah dan desainnya dari jasa arsitek)

Apa Saja Jenis-jenis Kamar Hotel

Hotel budget biasanya menawarkan beberapa jenis kamar, termasuk:

  • Single Room: Kamar ini dirancang untuk satu tamu dengan satu tempat tidur.
  • Double Room: Kamar ini memiliki dua tempat tidur dan cocok untuk dua tamu.
  • Family Room: Kamar ini lebih besar dan dapat menampung keluarga dengan fasilitas tambahan.
  • Dormitory/Shared Room: Kamar ini merupakan pilihan terjangkau bagi wisatawan solo atau backpacker karena tamu berbagi ruangan dengan orang lain.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Hotel

Memulai bisnis hotel budget memerlukan persiapan yang matang. Beberapa langkah yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Menentukan Segmen Pasar: Lakukan riset pasar untuk mengidentifikasi permintaan dan persaingan di lokasi yang diinginkan.
  2. Perencanaan Bisnis: Buat rencana bisnis yang komprehensif, termasuk analisis keuangan dan strategi pemasaran.
  3. Pemilihan Lokasi: Pilih lokasi yang strategis dengan akses mudah dan potensi pertumbuhan.
  4. Pengadaan Modal: Pastikan Anda memiliki sumber pendanaan yang cukup untuk memulai bisnis.
  5. Izin dan Regulasi: Peroleh izin dan lisensi yang diperlukan untuk membuka dan mengoperasikan hotel.
  6. Desain dan Pembangunan: Bekerjasama dengan profesional untuk merancang dan membangun hotel budget.
  7. Pemasaran: Promosikan hotel budget secara aktif melalui berbagai saluran pemasaran.
  8. Manajemen Operasional: Pastikan operasional hotel berjalan dengan efisien dan layanan tetap berkualitas.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa mencari konsultan hotel yang berpengalaman dalam manajemen hotel sehingga meminimalkan resiko bisnis karena ketidak tahuan. 

Beberapa pemilik hotel juga bekerjasama dengan hotel management dengan sistem bagi hasil. Semua operasional dari mulai pemasaran hingga maintenance dan pelayanan ke tamu hotel sudah di handle oleh tim dari manajemen tersebut sehingga pemilik hanya menerima laporan perkembangan saja.

Bergabung Dengan Virtual Hotel Operator

Saat ini memulai bisnis hotel jauh lebih mudah. Hanya dengan 1 rumah dengan beberapa kamar, Anda bisa mempunyai sebuah hotel budget dengan bergabung ke Virtual Hotel Operator semacam OYO, Airy, atau RedDoorz.

VHO akan memberikan standarisasi kamar, kebersihan, fasilitas dan branding kepada pemilik properti dan kemudian mempromosikannya di platform mereka. Jika anda sudah mempunyai misalkan sebuah rumah kost, Anda bisa mengupgrade beberapa kamar menjadi hotel budget untuk disewakan harian. Tentunya jauh lebih menguntungkan dibandingkan sewa kos bulanan.

Kesimpulan

Dengan persiapan yang matang dan dedikasi untuk memberikan layanan terbaik, bisnis hotel budget dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bagi para investor properti. Kami sarankan untuk banyak berkonsultasi terlebih dahulu atau menyewa jasa konsultan untuk meminimalisir kegagalan bisnis ini kedepannya. Dengan begitu bisnis hotel budget bisa jadi aset jangka panjang yang menguntungkan.

Post Terbaru

Kategori

Tags: