Kredit Rumah Syariah : Lebih Untung Lewat Bank Atau Developer?

kredit rumah syariah

Perbedaan KPR Rumah Syariah dan Konvensional

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Rumah Syariah dan KPR konvensional memiliki perbedaan mendasar. Pada KPR Rumah Syariah, prinsip-prinsip syariah Islam diikuti, mulai dari alur akad, transaksi, hingga gagal bayar diatur agar tidak memberatkan nasabah dan menghindarkan dari bunga dan riba. 

Sementara KPR konvensional meminjamkan uang dengan menarik keuntungan berupa bunga, dan denda apabila tadi keterlambatan apapun situasi dari pembeli.

Jenis Akad dalam Kredit Rumah Syariah

Akad Murabahah

Akad murabahah melibatkan pembelian aset oleh lembaga keuangan dan dijual kepada pemohon dengan keuntungan yang ditetapkan sebelumnya. Ini adalah bentuk akad jual beli yang transparan dan sesuai dengan prinsip syariah.

Akad Musyarakah Mutanaqisah

Dalam akad ini, pemohon dan lembaga keuangan menjadi mitra dalam kepemilikan rumah. Pemohon membayar sebagian harga rumah dan secara bertahap juga membeli saham lembaga keuangan dalam properti tersebut. Akad ini menghindari unsur bunga dan memberikan keuntungan bersama.

Simulasi KPR Syariah

Sebelum mengajukan KPR Rumah Syariah, melakukan simulasi sangat penting. Simulasi ini akan memberikan gambaran tentang berapa besar angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan berdasarkan harga rumah, uang muka, dan jangka waktu pembiayaan. Dengan simulasi, Anda dapat merencanakan keuangan dengan lebih baik.

Berikut ini adalah Daftar tautan kalkulator KPR Syariah dari beberapa Bank Syariah

Kredit Rumah Syariah Lewat Developer

Pengajuan KPR Rumah Syariah melalui developer memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya termasuk proses yang lebih cepat, pembiayaan langsung dari developer, dan pilihan properti yang lebih luas. Namun, perlu berhati-hati dengan kemungkinan biaya tambahan yang terkadang terjadi.

Kelebihan Kredit Rumah Syariah Lewat Developer

  1. Proses Cepat: Developer biasanya memiliki hubungan dengan lembaga keuangan syariah, sehingga proses pengajuan dapat lebih cepat.
  2. Pilihan Properti: Anda bisa memilih dari berbagai properti yang ditawarkan oleh developer.

Kekurangan Kredit Rumah Syariah Lewat Developer

  1. Biaya Tambahan: Terkadang, ada biaya tambahan yang harus dibayar, seperti biaya administrasi developer atau biaya lain yang mungkin tidak ditemui jika melalui Bank.
  2. Resiko Developer Tidak Amanah: Akhir-akhir ini banyak oknum developer yang menggunakan skema syariah demi menunggangi tren peminat rumah syariah, jadi Anda harus tetap berhati-hati dan memeriksa portofolio proyek sebelumnya dari developer tersebut.

Kredit Rumah Syariah Lewat Bank

Alternatif lain adalah mengajukan KPR Rumah Syariah melalui bank. Pilihan ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan KPR Syariah

  1. Profesionalisme: Bank memiliki pengalaman dalam menyediakan produk keuangan, termasuk KPR.
  2. Jangka Waktu: Bank biasanya menyediakan jangka waktu pembiayaan yang lebih fleksibel.

Kekurangan KPR Syariah

  1. Proses Lebih Lama: Proses pengajuan bisa lebih lama karena proses administrasi yang lebih ketat.

Simulasi KPR

Sebelum memutuskan antara KPR Rumah Syariah lewat developer atau bank, lakukanlah simulasi. Simulasi akan membantu Anda memahami berapa besar cicilan bulanan yang harus Anda bayarkan dan membantu Anda memilih pilihan yang paling sesuai dengan situasi keuangan Anda.

Post Terbaru

Kategori