Mengenal Apa Itu Rumah Cluster Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

mengenal rumah cluster

Rumah cluster telah menjadi salah satu tipe perumahan yang populer dalam beberapa dekade terakhir. Konsep perumahan ini menawarkan banyak kelebihan dan keunikan yang menarik minat banyak orang untuk tinggal di dalamnya. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli atau tinggal di rumah cluster, alangkah baknya bagi kita untuk memahami secara lengkap apa itu rumah cluster, apa kelebihan dan kekurangannya, serta perbedaan dengan tipe perumahan lainnya.

Apakah yang dimaksud rumah cluster?

Rumah cluster adalah salah satu tipe perumahan yang terdiri dari sejumlah unit rumah yang dibangun berdekatan satu sama lain dalam satu area tertentu. Setiap unit rumah ini memiliki desain yang seragam atau serupa sehingga menciptakan kesan kesatuan dan estetika yang menarik. Selain itu, rumah-rumah ini juga umumnya dikelilingi oleh lingkungan yang tertata dengan baik, fasilitas yang lengkap, dan akses ke berbagai sarana dan prasarana umum.

Perumahan tipe cluster biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang cukup baik, seperti pengamanan 24 jam dan CCTV, sehingga memberikan rasa aman bagi penghuninya. Cluster ini juga seringkali memiliki akses yang terbatas, sehingga hanya penghuni dan tamu yang memiliki akses ke dalam kawasan perumahan tersebut.

Apa Bedanya Cluster dan Perumahan?

Meskipun seringkali digunakan secara bergantian, sebenarnya ada perbedaan antara rumah cluster dan perumahan pada umumnya. Perumahan pada umumnya merujuk pada kawasan atau area yang terdiri dari berbagai tipe rumah yang berbeda.

Dalam satu perumahan, Anda bisa menemukan beragam tipe rumah seperti rumah tapak, rumah tipe 36, tipe 45, dan sebagainya. Perumahan ini tidak selalu memiliki keseragaman desain atau arsitektur di setiap unitnya.

Sementara itu, rumah cluster adalah sebuah perumahan yang memiliki konsep dan desain yang berbeda. Dalam perumahan cluster, unit-unit rumah yang ada umumnya memiliki desain yang mirip atau seragam. Mereka dibangun bersebelahan satu sama lain dalam satu kawasan yang sama, menciptakan kesan kebersamaan dan estetika yang menarik.

Kenapa Rumah Cluster Tidak Memiliki Pagar?

Salah satu ciri khas dari rumah cluster adalah tidak adanya pagar di sekitar setiap unitnya. Hal ini berbeda dengan sebagian besar rumah pada umumnya yang memiliki pagar untuk memberikan batas dan privasi kepada pemilik rumah. Lalu, mengapa rumah cluster tidak memiliki pagar?

Alasan utama mengapa rumah cluster umumnya tidak memiliki pagar adalah untuk menciptakan kesan terbuka dan ramah bagi penghuni dan tamu yang masuk ke dalam kawasan perumahan. Dengan tidak adanya pagar, penghuni rumah cluster merasa lebih bebas berinteraksi dengan tetangga dan lingkungan sekitar. Selain itu, rumah cluster juga biasanya sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang cukup baik, sehingga ketiadaan pagar fisik tidak menjadi masalah dari segi keamanan.

Apa itu Cluster One Gate System?

Cluster One Gate System adalah sistem pengamanan yang diterapkan di dalam rumah cluster. Sistem ini bekerja dengan cara memberlakukan satu gerbang masuk yang dilengkapi dengan sistem keamanan seperti kartu akses atau kode khusus bagi para penghuni dan tamu yang ingin memasuki kawasan perumahan.

Dengan adanya Cluster One Gate System, akses ke dalam kawasan rumah cluster menjadi lebih terkontrol, sehingga hanya orang-orang yang berhak atau diizinkan yang dapat masuk. Sistem ini membantu meningkatkan keamanan di dalam perumahan dan mengurangi risiko tindakan kriminal.

Perbedaan Cluster Rumah dan Cluster Kavling

Cluster rumah dan cluster kavling adalah istilah yang seringkali digunakan dalam konteks perumahan, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup jelas. Cluster rumah mengacu pada kumpulan unit rumah yang dibangun berdekatan satu sama lain dengan desain yang serupa atau mirip. Dalam cluster rumah, biasanya sudah disediakan fasilitas dan ruang terbuka yang dapat dinikmati bersama oleh seluruh penghuni.

Sementara itu, cluster kavling merujuk pada kumpulan tanah atau lahan yang dibatasi dan dijual secara terpisah kepada individu yang ingin membangun rumah di atasnya. Meskipun ada keseragaman dalam perencanaan tata letak kavling, namun rumah-rumah yang dibangun di atasnya dapat memiliki desain yang berbeda satu sama lain sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Perbedaan Perumahan Cluster dan Subsidi

Perumahan tipe cluster dan perumahan subsidi adalah dua konsep perumahan yang berbeda dengan target pasar yang berbeda pula. Perumahan cluster umumnya ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, karena harga rumah di dalamnya cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan perumahan subsidi.

Di sisi lain, perumahan subsidi adalah program pemerintah yang ditujukan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah agar dapat memiliki hunian yang layak. Harga rumah di dalam perumahan subsidi biasanya jauh lebih terjangkau karena mendapat dukungan dari pemerintah.

Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Cluster

Setiap tipe perumahan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan rumah cluster. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan rumah cluster:

Kelebihan Rumah Cluster:
  1. Keamanan yang Baik: Sistem keamanan yang diterapkan dalam rumah cluster, seperti Cluster One Gate System, memberikan tingkat keamanan yang baik bagi penghuninya.
  2. Lingkungan yang Nyaman: Dengan memiliki lingkungan yang tertata rapi dan dilengkapi fasilitas yang lengkap, rumah cluster menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung gaya hidup modern.
  3. Interaksi dengan Tetangga: Ketidakberadaan pagar fisik memudahkan interaksi antara tetangga, menciptakan ikatan sosial yang lebih erat di antara penghuni rumah cluster.
  4. Estetika dan Keindahan: Desain seragam atau mirip pada setiap unit rumah memberikan kesan estetika dan keindahan tersendiri dalam kawasan perumahan.
  5. Fasilitas Bersama: Beberapa rumah cluster dilengkapi dengan fasilitas bersama seperti taman, kolam renang, dan pusat kebugaran yang dapat dinikmati bersama oleh penghuni.

Kekurangan Rumah Cluster:

  1. Kurangnya Privasi: Ketiadaan pagar membuat tingkat privasi di dalam rumah cluster menjadi lebih rendah dibandingkan dengan rumah tipe lainnya.
  2. Keterbatasan Ruang Ekspansi: Karena rumah cluster dibangun berdekatan satu sama lain, biasanya ada keterbatasan ruang untuk ekspansi atau perluasan rumah di masa depan.
  3. Harga yang Lebih Tinggi: Harga rumah di dalam rumah cluster cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan tipe perumahan lainnya, seperti perumahan tapak atau rumah subsidi.
  4. Kemacetan Lalu Lintas Internal: Beberapa rumah cluster mungkin menghadapi masalah kemacetan lalu lintas internal saat ada banyak kendaraan di area perumahan.

Harga Perumahan Rumah Cluster

Harga perumahan rumah cluster bervariasi tergantung pada lokasi, fasilitas, dan ukuran rumah itu sendiri. Secara umum, rumah cluster lebih mahal dibandingkan dengan rumah tapak atau tipe perumahan lainnya karena menawarkan fasilitas dan keamanan yang lebih baik.

Perlu diingat bahwa investasi dalam rumah cluster biasanya memberikan nilai jual yang baik di masa depan karena permintaan yang terus meningkat dan keterbatasan lahan yang membuat harga properti cenderung naik dari waktu ke waktu.

Kesimpulan

Rumah cluster adalah salah satu tipe perumahan yang menawarkan keunikan dan kelebihan tersendiri. Dengan desain seragam dan sistem keamanan yang baik, rumah cluster menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk ditinggali. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, popularitas rumah cluster terus meningkat karena keunggulannya dalam menciptakan ikatan sosial di antara penghuninya dan nilai investasi yang baik di masa depan.

Jadi, bagi Anda yang sedang mencari tempat tinggal yang nyaman dengan fasilitas lengkap dan keamanan terjamin, rumah cluster bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, sebelum memutuskan untuk tinggal di dalamnya, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan rumah cluster secara matang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pribadi.

Post Terbaru

Kategori

Tags: