Proses KPR Lama? Ini Dia Tipsnya Agar Cepat Diterima

agar proses KPR diterima

Berapa Lama Proses KPR?

Pada umumnya proses KPR jika lancar memakan waktu 3 minggu sampai 1 bulan, tergantung dari Bank dan kelengkapan persyaratan dari Anda juga.

Jika Anda berniat mengajukan KPR untuk ambil rumah, tapi takut prosesnya lama? Artikel berikut akan membahas proses yang akan Anda jalani sekaligus tips memperlancar proses KPR di Bank.

Proses Tahapan KPR

  1. Proses Appraisal: Setelah lolos dari BI checking (pengecekan oleh Bank Indonesia), bank akan menilai nilai properti yang akan dijadikan jaminan untuk KPR. Nilai properti yang lebih tinggi dapat berdampak pada plafon pinjaman yang lebih besar.
  2. Kalkulasi dan Penawaran: Bank akan menghitung dan mengonfirmasi detail KPR seperti jumlah cicilan, jenis bunga, dan lainnya. Pemohon harus memperhatikan dengan seksama kesepakatan yang ditawarkan oleh bank.
  3. Kredit Disetujui Oleh Bank: Jika tidak ada hambatan, bank akan menyetujui KPR dan membuat Surat Persetujuan Kredit (SPK). Notaris akan ditunjuk untuk menangani persyaratan legal.
  4. Tanda Tangan Akad Kredit: Proses akhir melibatkan tanda tangan akad kredit di hadapan notaris, dengan pihak-pihak terkait seperti penjual, bank, dan calon pembeli.

Cara Agar KPR Cepat Disetujui

  1. Memiliki Laporan Kredit yang Sehat: Riwayat kredit yang baik meningkatkan peluang persetujuan KPR. Pernah membayar angsuran atau kredit dengan lancar akan memberikan kepercayaan lebih kepada bank.
  2. Tidak Mengajukan Kredit Lain: Sedang mengajukan kredit lain dapat mempengaruhi keputusan bank. Sebaiknya ajukan KPR saat Anda tidak memiliki beban cicilan lain yang signifikan.
  3. Memilih Rumah Sesuai Kemampuan: Memilih properti dengan harga yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Harga yang terlalu tinggi tanpa pendapatan yang mencukupi bisa membuat bank menolak permohonan.
  4. Alokasikan Dana dengan Tepat: Menyiapkan uang muka (DP) yang lebih besar dapat memberikan keyakinan pada bank tentang kemampuan finansial Anda. DP yang lebih besar juga dapat mengurangi besarnya cicilan.

Tanda Permohonan KPR Disetujui Bank

  1. Bank Menghubungi dalam Waktu 1-2 Minggu: Jika persyaratan terpenuhi, bank akan menghubungi Anda dalam waktu satu minggu untuk memberitahukan bahwa permohonan KPR Anda diterima.
  2. Pihak Bank Terus Menghubungi: Bank akan melakukan konfirmasi lebih lanjut, melakukan wawancara, dan mengonfirmasi kembali berkas-berkas yang diajukan.
  3. Anda Diminta untuk Mendatangi Bank: Jika semua berjalan baik, Anda akan diminta untuk datang ke bank guna menyelesaikan transaksi kredit dan menandatangani akta jual beli.

Ringkasnya, proses KPR memerlukan beberapa tahapan dan persyaratan yang harus dipenuhi. Memiliki riwayat kredit yang baik, tidak sedang mengajukan kredit lain, memilih properti sesuai kemampuan, dan menyediakan uang muka yang cukup dapat membantu mempercepat persetujuan KPR. Jika permohonan Anda disetujui, bank akan menghubungi Anda dalam waktu relatif singkat dan melanjutkan proses akhir untuk penandatanganan akta jual beli.

Post Terbaru

Kategori

Tags: