Tanaman yang Cocok untuk Ditanam di Balkon Apartemen dan Manfaat Berkebun di Apartemen

Apartemen merupakan tempat tinggal yang memiliki berbagai dan ruangan yang terbatas. Namun, ruang gerak yang terbatas dan tinggal sendiri di unit yang monoton dapat membuat Anda bosan dan stres. Maka dari itu, Anda dapat menanam tanaman yang cocok untuk ditanam di balkon apartemen untuk menghias unit tersebut. Meskipun, banyak unit apartemen tidak memiliki ruangan atau balkon dengan akses sinar matahari yang cukup. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena Strategis.id akan memberikan ulasan tanaman hias yang cocok untuk ditanam di balkon apartemen dan manfaatnya. Yuk mari simak ulasannya di bawah ini.

Tanaman yang Cocok untuk Ditanam di Balkon Apartemen

Tanaman hias memiliki nilai estetika tinggi karena bentuk, warna, dan tidak memiliki bau yang menyengat. Jenis tanaman tersebut dapat mempercantik tampilan balkon apartemen Anda dan membuatnya terlihat lebih refreshing. Berikut beberapa tanaman hias yang cocok untuk ditanam di balkon apartemen:

  • Tanaman lidah mertua

Tanaman lidah mertua memiliki ciri-ciri daun tinggi dan berduri tipis. Karena itu, tanaman ini tidak perlu air dan cahaya matahari yang banyak. Sehingga, Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus untuk tanaman tersebut. Selain itu, lidah mertua dapat melepaskan oksigen dari karbon dioksida pada malam hari. Di sisi lain, kebanyakan tanaman pada umumnya mengubah oksigen menjadi karbon dioksida di siang hari.

  • Tanaman kaktus

Kaktus memiliki bentuk unik seperti batang hijau yang tinggi dan berduri. Tanaman ini mudah dirawat untuk pemula dan dapat tumbuh di berbagai jenis pot. Kaktus memiliki banyak jenis, salah satunya kaktus Pincushion yang berbentuk bola berwarna hijau dan memiliki bunga kecil merah muda di atasnya. Namun, sinar matahari yang berlebih dapat membuat warna kaktus menjadi putih dan oranye. Jadi, Anda perlu menempati tanaman kaktus terhindar dari cahaya matahari langsung tanpa air yang banyak. Kaktus juga bisa memberi kesan estetika, minimalis, dan modern di balkon apartemen supaya terlihat unik.

  • Tanaman sukulen

Tanaman sukulen memiliki batang berdaging untuk menyimpan berisi air dan daun kelopak. Sukulen juga terlihat mirip dengan kaktus, hanya saja tanaman ini tidak berduri. Misalkan, sukulen pink moonstone, Echeveria Agavoides Ebony, Echeveria minima, dan Ariocarpus. Tanaman tersebut mudah untuk ditanam oleh pemula dan cocok untuk hiasan di dalam ruangan. Tanaman ini juga sangat mudah dirawat karena tidak membutuhkan banyak air dan cahaya. Selain itu, tanaman ini memiliki berbagai bentuk, warna, dan ukuran yang menarik. Sehingga, tanaman ini dapat memberikan kesan refreshing dan alami di balkon apartemen Anda.

  • Tanaman philodendron birkin

Tanaman philodendron birkin memiliki karakteristik daun hijau tua yang bervariasi dengan garis berwarna putih dan krem. Philodendron birkin juga dapat tumbuh di rumah dengan mudah dengan cahaya matahari atau lampu terang. Di sisi lain, tanaman ini dapat bertahan dengan air yang sedikit jika Anda lupa menyiramnya di hari itu juga.

  • Tanaman aglonema

Tanaman Aglonema dapat tumbuh dan tahan lama dengan kondisi kekurangan cahaya dan air, jika Anda lupa merawatnya. Anda juga dapat menaruhnya di meja balkon yang kecil atau di atas pagar balkon apartemen.

  • Tanaman dolar atau ZZ plant

Tanaman dolar atau disebut juga zz plant dan permata zanzibar.Tanaman dolar memiliki karakteristik batang tegak dan berkumpul, jadi mudah ditanam di mana saja. Tanaman tersebut juga dapat tumbuh optimal dalam intensitas cahaya rendah dan tinggi, dan hanya perlu disiram jika tanahnya kering. Tanaman varian ini cocok untuk ditempatkan di meja kantor, meja sofa, atau balkon apartemen.

  • Tanaman iron plant atau besi cor

Tanaman tersebut tidak gampang layu dan dapat tumbuh di tempat tanpa cahaya, yang membuatnya dinamai tanaman besi cor atau iron plant. Iron plant juga dapat berkembang menjadi rimbun tanpa semak sehingga tidak perlu dipangkas dan memiliki penampilan refreshing atau rumah hijau. Sehingga, tanaman besi cor cocok untuk ditempatkan di balkon apartemen.

  • Tanaman spider plant

Spider plant atau tanaman lili paris merupakan tanaman hias yang populer di kalangan penggemar tanaman hias klasik. Tanaman ini dapat tumbuh dengan sinar matahari intensitas rendah, tahan terhadap kekeringan, dan cabangnya bisa dipotong untuk ditanam lagi.

  • Tanaman peace lily

Peace lily merupakan tanaman hias yang aman untuk penghuni apartemen yang memiliki hewan peliharaan. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan cahaya yang tidak terang. Tanaman peace lily akan menghasilkan bunga yang unik jika tumbuh dengan sinar matahari tidak langsung. Anda juga dapat mengetahui tingkat kelembaban dari daunnya. Daun yang terkulai menunjukkan tanaman yang butuh air, sedangkan daun coklat menunjukkan kekeringan, kurang air, atau lembab.Selain itu, Anda harus menyiram dengan air yang sudah disaring dan tidak mengandung terlalu banyak kaporit.

Manfaat Berkebun di Apartemen

  • Meningkatkan kualitas udara

Tanaman hijau dapat membantu membersihkan udara sekitar dengan menyerap polusi udara dan melepaskan oksigen. Sehingga, udara tidak terlalu kering dan terasa lebih segar yang membuat Anda merasa lebih nyaman.

  • Menggabungkan keindahan dan fungsi

Tanaman hias memiliki nilai estetika untuk mempercantik penampilan apartemen Anda.

  • Meningkatkan produktivitas

Kegiatan menanam di apartemen akan mengurangi stres, bosan, dan cemas. Sehingga, Anda akan merasa lebih bahagia dan senang. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan konsentrasi dalam sehari-hari.

 

Sekian ulasan mengenai jenis tanaman yang dapat ditanam di apartemen dan manfaat berkebun di apartemen. Semoga kegiatan berkebun Anda di apartemen berjalan dengan lancar, menyenangkan, dan bermanfaat untuk kualitas hidup Anda.