Tips Interior: Cara Bikin Ruangan Kecil Tampak Lebih Besar

tips interior cara membuat ruangan tampak lebih luas

Punya ruangan kecil bukan lagi masalah besar! Meskipun terbatas dalam ukuran, ada cara-cara cerdas untuk membuat ruanganmu terlihat lebih luas dan nyaman. Berikut adalah 5 tips & trik yang bisa kamu coba:

Tambahkan Cermin yang Besar di Ruangan:

Salah satu trik terbaik untuk membuat ruangan terlihat lebih besar adalah dengan menambahkan cermin yang besar. Cermin memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi optik ruangan yang lebih luas. Pasang cermin sebesar mungkin di dinding yang strategis, terutama di dekat sumber cahaya alami, untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih terbuka dan lapang.

Manfaatkan Cahaya Alami:

Cahaya alami adalah kunci utama untuk membuat ruangan terlihat lebih luas. Buka tirai dan jendela sebanyak mungkin untuk membiarkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan. Hindari penggunaan gorden atau tirai yang tebal yang dapat memblokir cahaya alami. Jika memungkinkan, gunakan pintu geser kaca atau jendela besar untuk memperluas pandangan ke luar ruangan dan membiarkan cahaya masuk dengan bebas.

Pilih Warna Cerah dan Netral:

Warna cerah dan netral seperti putih, krem, abu-abu muda, atau pastel memiliki kemampuan untuk mencerminkan cahaya dan menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Hindari penggunaan warna gelap yang dapat membuat ruangan terasa sempit dan sesak. Jika kamu ingin menambahkan sedikit warna, gunakan aksen warna cerah pada aksesori atau furnitur kecil, namun pastikan mayoritas ruangan tetap didominasi oleh warna cerah dan netral.

Gunakan Furniture Multifungsi:

Furniture multifungsi adalah pilihan cerdas untuk ruangan kecil. Pilih furniture yang memiliki penyimpanan tersembunyi, seperti tempat tidur dengan laci di bawahnya atau meja dengan rak penyimpanan. Hindari penggunaan furniture besar yang dapat menghabiskan banyak ruang. Pilihlah furnitur yang proporsional dengan ukuran ruangan dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, sehingga ruangan terasa lebih lapang dan fungsional.

Gunakan Aksesoris Dinding Sederhana:

Pilih aksesoris dinding yang sederhana dan minimalis untuk menghindari tampilan ruangan yang berlebihan. Gunakan rak dinding untuk menyimpan barang-barang kecil dan hindari penggunaan dekorasi yang terlalu rumit. Gantungkan beberapa lukisan atau foto dengan bingkai yang ringan dan sederhana untuk memberi sentuhan personal pada ruangan tanpa membuatnya terlihat berantakan.

Jangan lupa untuk selalu mencoba mengatur ulang furnitur dan aksesori sesuai kebutuhan untuk mencari tata letak yang paling optimal. Dengan mengikuti tips di atas, ruangan kecilmu dapat terlihat lebih besar, lebih terang, dan lebih nyaman. Untuk informasi lebih lanjut mengenai properti dan tips & trik terkait, kunjungi Instagram kami di @Strategis.id. Selamat mencoba!

Post Terbaru

Kategori

Tags: