Tips Membersihkan Kaca Jendela Rumah Agar Tetap Bersih

Tips Membersihkan Kaca Jendela Rumah

Membersihkan jendela akan membuat rumah Anda terlihat lebih segar dan cerah. Namun, membersihkan jendela bisa menjadi tugas yang membosankan jika tidak dilakukan dengan benar.

Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara membersihkan jendela di rumah agar tetap bersih. Dengan mengikuti panduan berikut ini, Anda bisa memastikan jendela rumah Anda selalu terlihat bersih dan indah.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum kita mulai membersihkan kaca jendela, ada baiknya untuk menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan.

Alat dan Bahan:

  1. Ember
  2. Spons atau kain microfiber
  3. Sarung tangan karet
  4. Alat penggosok kaca
  5. Kertas koran
  6. Sabun cuci piring
  7. Larutan cuka dan air
  8. Alkohol isopropil

Tips Membersihkan Kaca Jendela

Setelah alat dan bahan sudah lengkap, sekarang kita akan membahas langkah-langkah untuk membersihkan kaca jendela rumah Anda dengan benar:

Tips 1: Bersihkan Debu dan Kotoran Ringan

Sebelum mengaplikasikan cairan pembersih, gunakan spons atau kain lembut dengan sedikit air untuk menghilangkan debu dan kotoran ringan dari kaca jendela. Hal ini akan menghindari terjadinya goresan saat membersihkan.

Teknik menggosok yang benar adalah gosok kaca jendela ke atas dan ke bawah atau dengan gerakan memutar untuk menghilangkan kotoran dan kotoran.  Jangan menekan terlalu keras karena dapat meninggalkan goresan atau bekas pada kaca.

Tips 2: Buat Cairan Pembersih Sendiri

Ada beberapa keuntungan jika Anda mampu membuat cairan pembersih sendiri antara lain.

  • Kontrol atas Bahan: Dengan membuat cairan sendiri, Anda memiliki kendali penuh atas jenis dan kualitas bahan yang digunakan.
  • Ramah Lingkungan: Cairan pembersih buatan sendiri ini cenderung lebih ramah lingkungan karena Anda dapat menghindari bahan-bahan kimia berbahaya yang mungkin ada dalam produk pembersih komersial.
  • Efektif: Campuran air, sabun cuci piring, dan cuka putih telah terbukti efektif dalam membersihkan kaca jendela.
  • Mengurangi Bau Aneh: Cairan pembersih buatan sendiri cenderung memiliki bau yang lebih lembut dan alami dibandingkan dengan pembersih komersial yang mungkin mengandung pewangi kuat.
  • Lebih Hemat : Dengan membuat cairan pembersih sendiri, Anda tidak hanya membersihkan kaca jendela dengan efektif tetapi juga merasa lebih baik tentang lingkungan dan anggaran Anda.

Tips 3: Aplikasikan Cairan Pembersih

Gunakan spons untuk mengaplikasikan cairan pembersih ke permukaan kaca. Pastikan untuk meratakan cairan dengan baik. Jika Anda sudah membeli merk tertenu, silakan mengikuti Panduan yang terdapat pada kemasannya

Tips 4: Gosok dengan Lembut

Gunakan alat penggosok kaca atau kain lembut untuk membersihkan kaca dengan gerakan melingkar. Hindari tekanan berlebihan yang dapat merusak kaca.

Tips 5: Bilas dengan Air Bersih

Setelah membersihkan kaca, bilas dengan air bersih untuk menghilangkan residu sabun dan kotoran. Gunakan air secukupnya hingga dirasa sabun dan kotoran-kotoran terbawa air.

Tips 6: Keringkan dengan Kertas Koran

Gunakan kertas koran untuk mengeringkan kaca. Kertas koran akan membantu menghindari bekas air yang mengering pada kaca karena menyerap air kedalam kertasnya. Kemampuan koran dalam menyerap air secara efektif menjadikannya bahan yang berguna untuk membersihkan kaca dengan menghilangkan kotoran dan jamur. Basahi kaca dengan air, lalu gosok permukaan kaca dengan kertas koran secara merata sampai kering. 

Membersihkan Kaca Jendela Kusam

Untuk membersihkan kotoran membandel, anda bisa menggunakan beberapa bahan kimia dibawah ini 

Cuka

Campurkan air hangat dan cuka dalam jumlah yang sama. Oleskan campuran cuka dan air di kaca dengan kain bersih dan kering. Diamkan selama 2-3 menit dan bersihkan sisa 1 dengan kain setengah lembab.

Alkohol

Tuangkan alkohol secukupnya pada kain kering dan gosokkan kain tersebut pada kaca hingga merata. Diamkan beberapa saat, lalu lap hingga kering dengan kain kering.

Baking Soda

Campurkan baking soda dengan sedikit air, lalu aduk hingga merata.
Oleskan baking soda pada kaca, diamkan sebentar, lalu bersihkan dengan kain setengah basah. Keringkan permukaan kaca menggunakan lap kering.

 

Rekomendasi Produk Pembersih Kaca

Di pasaran, ada beberapa cairan khusus pembersih kaca yang sudah diformulasikan untuk membersihkan kaca yang kusam. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang dapat Anda coba untuk membersihkan kaca jendela rumah Anda.

  1. CLING Pembersih Kaca: Produk ini dikenal efektif membersihkan kaca jendela dengan cepat dan mudah.

  2. Mr Muscle Windex: Merek terkemuka dalam produk pembersih, Mr Muscle Windex dapat memberikan hasil bersih dan jernih pada kaca jendela Anda.

  3. Yuri Glass Cleaner: Pembersih kaca yang diakui oleh banyak orang karena kemampuannya membersihkan tanpa meninggalkan noda atau garis.

  4. Porstex : Porstex juga cukup ampuh untuk menghilangkan jamur dan kotoran, dan fleks noda membandel karena mengandung bahan aktif. Namun karena bahan ini cukup keras, maka Anda wajib menggunakan sarung tangan karet karena jika terkena percikannya ke kulit akan membuat cukup perih.

  5. Snap Clean Glass Cleaner: Dengan Snap Clean, Anda bisa mendapatkan kilau yang sempurna pada kaca jendela rumah Anda.

  6. Ajax Spray and Wipe Glass: Ajax merupakan merek terpercaya untuk membersihkan kaca jendela dan memberikan keharuman yang segar.

  7. Astonish Premium Edition Window & Glass Cleaner: Produk premium yang dapat memberikan hasil yang benar-benar cemerlang pada kaca jendela.

  8. Fason Ica Pembersih Kaca: Pembersih kaca dengan formula khusus untuk mengatasi kotoran membandel pada kaca.

  9. EZCLEAN Shower Glass Cleaner: Selain untuk kaca jendela, EZCLEAN juga cocok digunakan untuk membersihkan kaca shower.

Selain merek-merek di atas, Anda juga dapat menemukan banyak pilihan pembersih kaca lainnya di toko-toko online atau marketplace. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Selalu baca petunjuk penggunaan yang tertera pada label produk agar hasil pembersihan maksimal dan tidak merusak kaca jendela Anda. Dengan menggunakan pembersih kaca yang tepat, Anda dapat menjaga kaca jendela rumah Anda tetap bersih dan berkilau.

Demikian adalah beberapa tips bagaimana membersihkan kaca jendela rumah tetap bersih dan berkilau. Jadwalkan waktu Anda untuk membersihkan kaca jendela secara berkala agar tetap terjaga kebersihannya. Perhatikan juga cuaca saat membersihkan kaca jendela, karena cuaca dapat berpengaruh pada hasil pembersihan.

Selamat mencoba!

Post Terbaru

Kategori

Tags: