Tips Membersihkan Tembok Rumah yang Lembab

Tips Membersihkan Tembok Rumah yang Lembab

Pindah rumah baru adalah langkah besar dalam hidup kita. Meskipun bisa sangat mendebarkan, persiapan yang matang dapat mengurangi stres yang mungkin muncul.

Artikel ini akan membahas persiapan pindah rumah baru dengan detail, memberikan panduan langkah demi langkah untuk memastikan Anda dapat menghadapinya dengan percaya diri.

Membuat Checklist Pindah Rumah

Pertama-tama, mari kita buat daftar periksa pindah rumah untuk memastikan semua hal yang perlu Anda lakukan sudah tersusun rapi.

Tentukan Tanggal Pindahan

Pilih tanggal yang sesuai untuk memindahkan barang-barang Anda. Pastikan tanggal ini memberi Anda cukup waktu untuk persiapan dan jika memungkinkan di hari libur kerja Anda. Sebisa mungkin proses pindahan selesai dalam satu hari sehingga Anda dapat langsung menempati rumah baru.

Tentukan Anggaran

Tentukan anggaran dan perkiraan biaya yang mungkin muncul selama proses pindahan. Hal ini akan membantu Anda menghindari pengeluaran tak terduga. Prediksikan lebih dahulu anggarannya dan siapkan dananya agar tidak bingung saat hari H.

Beberapa hal yang perlu dianggarkan :

  • Biaya jasa pindahan (jika menggunakan vendor)
  • Biaya sewa truck atau pickup
  • Biaya tenaga angkut/tukang
  • Biaya tenaga bersih-bersih
  • Konsumsi untuk pekerja pindahan
  • dan lainnya

Mengumpulkan Kotak dan Bahan Kemas

Mulailah mengumpulkan kotak, bubble wrap, dan semua bahan kemas yang diperlukan untuk mengemas barang-barang Anda. Jika memang kurang, Anda bisa membeli tambahan kardus ke penjual untuk tempat barang agar lebih rapi dan tertata.

Kumpulkan Dokumen Penting

Pastikan dokumen penting seperti akta properti, kontrak sewa, dan dokumen pindahan lainnya dalam kondisi teratur dan terkumpul dalam satu tempat yang Anda awasi atau Anda bawa sendiri.

Sortir Barang Yang Tidak Terpakai

Dalam rumah, pasti ada saja barang rusak dan tidak terpakai yang tergeletak selama bertahun-tahun. Anda punya pilihan untuk menjualnya atau memberikan ke tukang loak keliling agar tidak perlu dibawa ke rumah baru. Proses ini sekaligus membuat rumah baru lebih lega tanpa adanya barang-barang yang masih akan menumpuk bertahun-tahun lagi.

Membongkar AC, Pemanas Air, Dll

Jika Anda menggunakan AC, pemanas dan barang elektronik yang harus diinstalasi secara khusus, Anda bisa memanggil teknisi untuk menyiapkan rumah baru agar siap dipasang AC dll dari rumah lama Anda. Sehingga tidak perlu menunggu lama ketika Anda masuk rumah baru, Anda sudah bisa menikmati suhu sejuk dan air panas seperti di rumah lama Anda.

Mengatur Barang-barang Anda

Sekarang mari kita bahas langkah-langkah untuk mengatur barang-barang Anda sebelum pindah.

Kelompokkan Barang Menurut Kategori

Bagi barang-barang Anda menjadi kategori, seperti pakaian, perabotan, dan barang-barang pribadi. Satu dus bisa berisi semua pakaian, atau mainan anak, atau buku-buku. Dengan mengelompokkan barang bisa lebih mudah untuk melacak di belakang jika Anda mencari sesuatu jika dibandingkan memasukkan barang secara random ke satu kardus yang sama.

Memberi Label atau Tanda Kotak

Tandai setiap kotak sesuai dengan isinya untuk memudahkan proses pengangkutan dan pengaturan ulang di rumah baru. Jika perlu gunakan stiker untuk menulis secara kasar isi setiap kotak/kardus.

Proses Pemindahan

Sewa Penyedia Layanan Pindahan

Pilih penyedia layanan pindahan yang handal. Pastikan untuk memesan mereka dengan jadwal yang ditentukan dan coba hubungi dahulu beberapa vendor untuk menanyakan harga, syarat dan ketentuannya agar Anda mendapat vendor terbaik dengan harga paling bagus.

Proses Pemindahan Barang

Pindahkan barang-barang Anda ke rumah baru sesuai rencana yang sudah Anda susun. Utamakan mulai dari barang yang paling besar seperti perabot kasur, sofa, meja, kursi, dan sebagainya untuk diangkut terlebih dahulu.

Anda mungkin memerlukan beberapa kali jalan untuk mengangkut semua perabotan, namun hal tersebut tidak masalah jika Anda bisa menyelesaikan dalam satu hari.

Bersihkan Rumah Lama

Setelah pindah, pastikan untuk membersihkan rumah lama Anda sebelum menyerahkannya kepada pemilik baru atau jadwalkan untuk membersihkan jika memang tidak dijual.

Setelah Pindah Ke Rumah Baru

Setelah pindah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar Anda segera beradaptasi ke lingkungan baru.

Perkenalkan Diri Ke Tetangga dan RT/RW

Sebagai orang baru, Anda wajib untuk menyapa tetangga terdekat dan melaporkan proses pindahan ke RT dan RW setempat. Selain untuk mengakrabkan diri, Anda juga bisa menanyakan segala macam kewajiban sosial yang telah lama berlaku di lingkungan Anda seperti iuran-iuran, kegiatan rutin, dll.

Lakukan Perbaikan Kecil

Jika diperlukan, lakukan perbaikan kecil yang mungkin diperlukan di rumah baru Anda untuk menambah kenyamanan dan mempercepat adaptasi. Mungkin Anda bisa menambahkan lampu agar lebih terang, menambah beberapa titik stop kontak atau menambahkan wallpaper agar ruangan Anda terlihat cantik.

Kesimpulan

Pindah ke rumah baru adalah langkah besar yang membutuhkan persiapan yang matang. Dengan mengikuti tips ini, Anda setidaknya mendapat gambaran proses pindahan yang berlangsung dengan lancar, menyenangkan dan tanpa stres.

FAQs (Pertanyaan Umum)

Berapa Lama Merencanakan Sebelum Pindah ? 
Anda sebaiknya merencanakan pindah rumah baru minimal 2 bulan sebelum tanggal pindahan yang diinginkan. Ini memberi Anda waktu yang cukup untuk persiapan.

Bagaimana Cara Mencari Vendor Pindahan Yang Bagus?
Anda bisa meminta rekomendasi dari teman atau keluarga, atau melakukan penelitian online untuk menemukan penyedia layanan pindahan yang terpercaya.

Apa Yang Dilakukan Jika Ada Masalah Saat Pindahan?
Tergantung dari seberapa urgent masalah itu sendiri, namun jika memang bisa sampai membatalkan acara pindahan Anda, maka apa boleh buat proses pindahan Anda bisa ditunda dulu. Namun jika tidak terlalu penting maka kosongkan jadwal Anda di tanggal tersebut untuk fokus menyelesaikan pindahan.

Berapa Sebaiknya Alokasi Biaya Untuk Pindahan?
Biaya pindah rumah baru bervariasi tergantung pada berbagai faktor. Pastikan untuk membuat anggaran yang menyesuaikan dengan dana dan kemampuan Anda. Jika tidak ada dana untuk menyewa vendor pindah rumah, Anda bisa mengerjakan sendiri bersama anggota keluarga atau meminta bantuan dari saudara dan teman dekat.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Lupa Mengurus Dokumen?
Jika Anda lupa mengurus dokumen penting, segera hubungi pihak yang berwenang atau lembaga terkait untuk mendapatkan bantuan dalam mengatasi masalah ini.

Post Terbaru

Kategori