Tips Membuat Suhu Rumah Tetap Sejuk Meski Tanpa AC

tips rumah sejuk tanpa ac

Optimasi Barang Elektronik

Cabut Alat Elektronik Yang Tidak Digunakan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menggunakan berbagai macam alat elektronik untuk memudahkan aktivitas kita. Namun, terkadang kita lupa untuk mencabut alat elektronik yang tidak sedang digunakan.

Ketika alat elektronik tetap terhubung dengan sumber listrik, meskipun tidak sedang digunakan, aliran listrik tetap mengalir dan menghasilkan udara panas.

Kecuali AC, dan kipas angin yang memang digunakan untuk menurunkan suhu udara dalam rumah, alat elektronik lain yang tidak berfungsi untuk mendinginkan suhu seperti televisi, speaker, lampu, atau komputer lebih baik dimatikan dan dicabut jika tidak dipakai.

Mencabut alat elektronik yang tidak digunakan juga dapat memperpanjang umur perangkat tersebut. Aliran listrik yang terus menerus dapat mempengaruhi kinerja dan masa pakai alat elektronik

Gunakan Exhaust Fan

Gunakanlah exhaust fan di area yang memiliki ventilasi yang minim untuk membantu mengeluarkan udara panas. Exhaust fan adalah alat yang dirancang khusus untuk menghisap udara panas dan mengarahkannya keluar dari ruangan.

Dengan menggunakan exhaust fan, udara panas yang terperangkap di dalam ruangan dapat digantikan dengan udara segar dari luar. Pemasangan exhaust fan juga sangat mudah dilakukan.

Biasanya, exhaust fan dapat dipasang di dinding yang dilubangi atau langit-langit ruangan. Pastikan untuk memilih exhaust fan yang sesuai dengan ukuran ruangan dan kebutuhan ventilasi Anda.

Dengan menggunakan exhaust fan di tempat yang minim ventilasi, Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih sejuk dan nyaman. Jadi, jangan ragu untuk memasang exhaust fan di ruangan Anda yang membutuhkan sirkulasi udara yang lebih baik.

Optimalkan Kipas Angin

Kipas angin adalah alternatif utama menurunkan suhu jika Anda tidak mempunyai AC. Namun penggunaan kipas angin yang terus-menerus dan dihadapkan ke badan sangat berbahaya. Sudah banyak korban yang sakit bahkan meninggal karena kebiasaan ini. Maka sebab itu cara penggunaan kipas angin harus dioptimalkan untuk menurunkan suhu. Beberapa tips mengoptimalkan kipas angin :

  1. Tidak dihadapkan langsung, namun dipantulkan
  2. Hidupkan fitur memutar jika ada
  3. Rutin membersihkan kipas angin dari debu yang menempel
  4. Beri jeda untuk mematikan kipas angin agar dinamo putarnya tidak terlalu panas

Membuat Kipas AC DIY

Di Youtube banyak sekali beredar cara membuat kipas yang menghembuskan udara dingin. Kipas ini dimodifikasi dengan selang dan es batu. Sebetulnya kipas es sudah ada di pasaran, namun harganya cukup tinggi sehingga kipas modifan jadi pilihan karena biaya pembuatan yang murah. Namun sepengalaman dan pengamatan kami di kolom komentar, kipas modifan ini tingkat signifikannya rendah dalam menurunkan suhu udara.

Gunakan Lampu Hemat Energi

Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi panas di dalam ruangan adalah dengan menggunakan lampu hemat energi. Lampu pijar tradisional cenderung menghasilkan panas yang tinggi, sehingga dapat membuat suhu ruangan menjadi lebih tinggi dari yang sebenarnya.

Dalam sebuah laporan, disebutkan bahwa lampu pijar tua dapat mengeluarkan 90 persen energinya sebagai panas. Oleh karena itu, mengganti lampu pijar dengan lampu hemat energi seperti Compact Fluorescent Lamp (CFL) atau Light Emitting Diode (LED) dapat membantu mengurangi panas yang dihasilkan oleh lampu tersebut.

Lampu CFL menggunakan energi 75 persen lebih sedikit dan tahan 10 kali lebih lama, sedangkan lampu LED menggunakan energi 80 persen lebih sedikit dan tahan 25 kali lebih lama. Dengan menggunakan lampu hemat energi, selain menghemat energi, Anda juga akan mendapatkan ruangan yang lebih sejuk dan nyaman.

Selain itu, penggunaan lampu hemat energi juga dapat dikombinasikan dengan pemanfaatan pencahayaan alami. Memanfaatkan cahaya matahari sebagai sumber pencahayaan utama di siang hari dapat membantu mengurangi penggunaan lampu dan panas yang dihasilkan oleh lampu tersebut. Anda dapat membuka jendela atau menggunakan tirai yang transparan untuk membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. 

Perbaiki Sirkulasi Udara

Tutup Tirai Rumah Pagi hingga Sore hari

Jika udara di luar rumah sangat panas menyengat, anda dapat menutup tirai jendela hingga sore hari untuk mencegah sinar matahari masuk dan menimbulkan panas di dalam rumah. Sinar yang masuk terlalu terang ke dalam rumah dapat meningkatkan suhu udara dan cara ini bisa Anda coba.

Buka Jendela Rumah

Jendela memang fungsi utamanya sebagai ventilasi dan sirkulasi udara. Anda bisa membuka jendela rumah untuk membiarkan angin dari luar masuk ke dalam rumah. Anda juga dapat menggantung sprei atau kain basah di dekat jendela. Fungsinya adalah mendinginkan angin yang masuk dengan air yang ada pada sprei tersebut.

Menyiram Depan Rumah

Menyiram halaman depan atau jalan depan rumah dapat menurunkan suhu udara di sekitar rumah. Air yang disiram ke halaman depan akan menguap dan mendinginkan angin yang berhembus. Jika suhu sangat panas, ada kemungkinan Anda perlu menyiram beberapa kali karena air yang anda siram akan menguap dengan cepat.

Penataan Ruang yang Tepat

Buat Taman di Area Luar Rumah

Taman di area luar rumah memang dapat memberikan manfaat yang tak terbatas. Selain memberikan keindahan visual dan suasana yang menyegarkan, taman juga dapat membantu mengurangi sedikit udara panas di sekitar rumah kita. Pohon-pohon yang tumbuh di taman dapat memberikan naungan yang efektif, sehingga mampu menurunkan suhu udara di sekitarnya. Dedaunan yang lebat juga dapat menyerap sinar matahari yang berlebihan, sehingga mengurangi jumlah panas yang masuk ke dalam rumah.

Tanaman dapat berperan sebagai penyerap karbon dioksida dan penghasil oksigen.  Dengan adanya taman di sekitar rumah, kualitas udara di sekitarnya akan menjadi lebih baik. Anda dapat membaca artikel 5 Tanaman Hias yang Bisa Meningkatkan Kualitas Udara di Rumah sebagai referensi memilih tanaman yang cocok untuk taman Anda.

Tidak hanya itu, taman juga dapat menjadi tempat yang nyaman untuk beraktivitas. Anda dapat menikmati waktu bersantai di taman, ngopi, atau bahkan mengadakan piknik bersama keluarga. 

Tempatkan Mangkuk Berisi air Dalam Rumah

Tempatkan mangkuk berisi air di dalam rumah Anda dapat membantu mengurangi udara panas yang ada di dalam ruangan. Metode ini merupakan salah satu cara alami dan efektif untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk dan nyaman.

Air dalam mangkuk akan menguap secara perlahan, dan proses penguapan ini akan menyerap panas di sekitarnya. Sehingga udara di sekitar mangkuk akan menjadi lebih dingin.

Selain itu, uap air yang dihasilkan juga dapat meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menempatkan mangkuk berisi air di tempat-tempat strategis di dalam rumah.

Misalnya, letakkan mangkuk di dekat jendela yang terkena sinar matahari langsung, di dekat ventilasi atau kipas angin, atau di ruangan yang sering terasa panas seperti dapur atau ruang kerja.

Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan aroma segar untuk memberikan suasana yang lebih nyaman di dalam ruangan.

Demikian tips untuk membuat suhu rumah lebih sejuk untuk Anda yang tidak mempunyai AC. Dengan mengaplikasikan metode ini, Anda dapat menciptakan lingkungan yang lebih sejuk dan nyaman di dalam rumah Anda. Selamat mencoba!

Post Terbaru

Kategori

Tags: