Tips Supaya Tetap Produktif dan Tidak Stres untuk Kerja WFH

Konsep bekerja dari rumah (WFH) sudah umum di dunia kerja, khususnya bagi industri yang berbasis teknologi atau online. Konsep ini sudah ada sebelum pandemi COVID-19 dan baru diimplementasi secara luas saat pandemi. WFH saat menguntungkan bagi pekerja karena tidak perlu menghabiskan waktu di jalan, hemat biaya, dan kerja lebih produktif. Namun, WFH juga dapat memberikan dampak buruk seperti stres, cepat bosan, atau bahkan produktivitas menurun. Dampak buruk ini disebabkan oleh kurangnya komunikasi, minim pengawasan, dan menghabiskan waktu terlalu lama di ruangan. Lalu bagaimana cara supaya tetap produktif dan tidak stres saat kerja WFH? Mari Simak tips supaya tetap produktif dan tidak stres untuk Anda yang kerja WFH dari Strategis.id.

 

1. Menjadwalkan pekerjaan sehari-hari

Langkah pertama yang cukup mudah adalah komunikasi dengan tim mengenai jadwal kerja dan kapan available untuk online. Karena pekerjaan yang tidak disusun secara rapi akan menambah beban dan waktu pekerjaan. Hal ini bisa membuat Anda stres dan cepat burnout. Oleh karena itu, Anda perlu menjadwalkan pekerjaan dengan cara sebagai berikut:

  • Kemudian, buat daftar pekerjaan yang harus dilakukan berdasarkan deadline, prioritasnya, tingkat kesusahannya, dan urgensi. Hal ini dilakukan supaya pekerjaan yang lebih urgen dapat selesai dahulu dan menunda tugas yang tidak urgen. Tetapi Anda tetap harus mengerjakan semua pekerjaan hingga kelar.
  • Lalu, Anda bisa membuat jadwal untuk belajar materi tambahan, meeting, latihan, atau kegiatan refreshing.
  • Sehingga, Anda dapat menggunakan waktu dengan lebih efisien dan efektif jika mengikuti jadwal dengan benar. Anda juga tidak perlu pusing memikirkan pekerjaan lain untuk beberapa hari kedepan.

2. Membuat ruang kerja yang kondusif

Tips kedua yang dapat mempengaruhi produktivitas dan konsentrasi dalam bekerja, yaitu ruang kerja yang kondusif. Ciri-ciri ruang kerja yang kondusif adalah tenang dan bebas dari distraksi berupa bunyi suara berisik yang berkelanjutan. Anda juga bisa menaruh barang-barang seperti komputer, smartphone, printer, dan set alat tulis dalam jangkauan tangan untuk bekerja. Sehingga, Anda dapat merasa lebih tenang dan berkonsentrasi untuk meningkatkan produktivitas di pekerjaan.

Selain itu, ruangan dengan pencahayaan yang cukup menjaga produktivitas Anda dan membuat mata tidak cepat lelah. Karena, ruangan yang redup dapat membuat Anda cepat mengantuk dan membuat mata cepat lelah dan rusak.

Baca juga: Tips Mengatur Pencahayaan di Rumah

3. Menetapkan rutinitas kerja yang teratur

Di Langkah ketiga, Anda dapat menetapkan kegiatan rutin sehari-hari saat sebelum mulai bekerja hingga selesai bekerja.

  • Sebelum bekerja, Anda dapat bangun lebih pagi dan senam sebentar sambil menonton atau baca berita. Dengan ini, Anda lebih termotivasi untuk mulai bekerja nanti dan tidak merasa seperti berangkat kerja.
  • Saat bekerja, Anda bisa menerapkan teknik pomodoro, yaitu bekerja selama 25 menit dan beristirahat 5 menit berulang kali. Kemudian, Anda membuat check list untuk mencentang tugas yang sudah selesai. Sehingga, Anda tidak mudah merasa lelah dan tidak mudah bosan.
  • Setelah pekerjaan selesai, Anda bisa melakukan olahraga sore, bersih-bersih, belanja, atau kegiatan lainnya untuk refreshing. Kegiatan refreshing penting supaya Anda tetap termotivasi dan tidak cepat burnout untuk bekerja besok.

4. Berkomunikasi efektif dengan tim

Salah satu tantangan bekerja dari rumah adalah berkomunikasi jarak jauh secara efektif. Terkadang Anda tidak bisa menghindari misinformasi tentang pekerjaan atau rekan kerja yang tidak bisa dihubungi saat ada urgensi. Maka dari itu, Anda perlu menjaga komunikasi antar rekan kerja tetap terhubung melalui berbagai platform komunikasi online. Contohnya, Anda bisa minta kontak rekan kerja di Telegram, Gmail, Zoom atau Gmeet, dan platform produktivitas ClickUp. Sehingga, Anda dapat memastikan informasi dari rekan-rekan Anda sudah benar dan jelas dengan lebih mudah dan cepat. Komunikasi yang efektif dalam tim juga dapat menjaga konsentrasi dan mengurangi distraksi.

5. Ambil waktu istirahat yang teratur

Tips selanjutnya adalah mengambil waktu istirahat secara teratur untuk mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, dan menjaga konsentrasi. Anda dapat melakukannya dengan beristirahat 30 menit, jalan-jalan keluar rumah, olahraga sore, atau meditasi untuk menjernihkan pikiran.

Baca juga:  Jenis Olahraga Ringan Tanpa Alat yang Dapat Dilakukan di Rumah

6. Putar musik yang memberi Anda semangat atau ketenangan

Lagu favorit yang Anda suka putar selama bekerja dapat membantu produktivitas Anda tetap terjaga. Hal ini disebabkan oleh focus Anda bergeser ke hal yang lebih menyenangkan dan pekerjaan di saat bersamaan. Namun, tips ini hanya efektif saat Anda tidak hektik dalam pekerjaan dan lagu harus diputar dengan headset.

Selain itu, lagu religi berdasarkan kepercayaan masing-masing juga dapat memberikan ketenangan dan semangat saat Anda hektik atau beristirahat.

7. Tidak akses sosial media atau pakai gadget saat bekerja dan saat jam makan siang

Sosial media dan gadget dapat mengganggu konsentrasi dan mental Anda saat kerja WFH jika digunakan berlebihan. Meskipun media tersebut diperlukan untuk komunikasi dengan rekan kerja, Anda harus menggunakannya untuk keperluan pekerjaan. Hal ini dikarenakan penggunaan yang berlebihan. Anda dapat mengatasinya dengan memantau penggunaan sosial media Anda di gadget dan menaruh gadget di luar jangkauan Anda.

8. Meminta bantuan jika dibutuhkan

Tips terakhir supaya tetap produktif dan tidak stres adalah memberanikan diri untuk meminta bantuan kepada rekan kerja Anda. Anda tidak perlu ragu meminta bantuan jika merasa kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan yang urgen atau butuh informasi tambahan.

Namun perlu diingat, Anda harus mencoba mengerjakan tugas yang diberikan dulu dan jangan dibiarkan sampai tugas mendekati deadline. Hal ini tentu akan membuat rekan kerja Anda enggan untuk membantu.

 

Pekerjaan WFH dapat menjadi pengalaman yang produktif dan bisa dinikmati dengan menerapkan tips-tips di atas. Anda juga dapat merasa lebih tenang, nayaman, dan puas dengan mengerjakan hal-hal yang penting tanpa merasa stres. Sekian artikel dari Strategis.id, semoga dapat membantu Anda yang bekerja WFH lebih efektif dan nyaman.