Trik Membuat Foto Properti Menarik Agar Rumah Cepat Laku

Dalam menjual rumah, foto merupakan salah satu faktor penting untuk menarik calon pembeli agar tertarik untuk menghubungi Anda. Foto yang jelas dan detil akan membantu calon pembeli untuk mengerti kondisi rumah yang sedang Anda jual. Ada beberapa tips untuk membuat foto properti lebih menarik sehingga membantu agar lebih cepat terjual.  Berikut ini adalah tipsnya.

Persiapan Membuat Foto Properti Menarik

A. Membuat Planning Kerja

Sebelum memulai proses pengambilan foto properti, penting untuk menyusun rencana kerja yang terstruktur. Dengan memiliki rencana yang jelas, Anda dapat memastikan bahwa setiap aspek penting dari properti tercakup dalam foto-foto yang akan diambil. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti dalam menyusun rencana kerja:

1. Catat Kelebihan
Tentukan fitur-fitur unik yang membuat properti Anda menonjol. Apakah itu taman yang indah, desain interior yang modern, atau lokasi strategis? Fokus pada keunggulan ini saat mengambil foto.

2. Tentukan Foto Yang Optimal
Pilih sudut pandang yang terbaik untuk menyoroti keindahan dan keunikan properti. Cobalah untuk mengambil foto dari berbagai sudut untuk memberikan gambaran yang komprehensif.

3. Buat Daftar Ruangan Obyek Foto:
Tentukan ruangan mana saja yang akan difoto. Pastikan untuk mencakup ruang tamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi, dan area luar ruangan jika ada.

4. Perhatikan Pencahayaan
Pastikan untuk memperhatikan pencahayaan saat mengambil foto. Gunakan pencahayaan natural sebanyak mungkin dan hindari menggunakan blitz yang dapat membuat foto terlihat tidak alami.

B. Membersihkan dan Merapikan Properti

Sebelum memulai sesi pemotretan, penting untuk membersihkan dan merapikan properti agar terlihat menarik dalam foto. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Bersihkan setiap ruangan:
Pastikan setiap ruangan dalam properti Anda bersih dan rapi. Bersihkan debu, noda, sapu lantai, bersihkan ulang dinding, lantai dan plafon kamar mandi Anda.

2. Hapus barang pribadi:
Sementara Anda ingin menampilkan potensi properti kepada calon pembeli, penting untuk menghapus barang pribadi seperti foto keluarga atau koleksi pribadi lainnya. 

3. Dekorasi minimalis:
Hindari dekorasi yang berlebihan dan pilihlah dekorasi minimalis yang akan memberikan kesan bersih dan lapang pada foto apabila Anda menjual rumah dalam kondisi masih ditempati

C. Daftar Peralatan Kerja

Untuk mengambil foto properti yang menarik, Anda akan membutuhkan beberapa peralatan kerja yang tepat. Berikut adalah daftar peralatan yang perlu Anda siapkan:

  1. Kamera Resolusi tinggi
    Gunakan kamera dengan resolusi tinggi untuk menghasilkan foto yang tajam dan jelas. Jika Anda tidak memiliki kamera profesional, Anda juga dapat menggunakan kamera smartphone dengan kualitas kamera yang baik.

  2. Tripod
    Gunakan tripod untuk menjaga kamera tetap stabil dan menghindari foto yang buram atau goyah.

  3. Lensa Wide-angle
    Jika memungkinkan, gunakan lensa wide-angle untuk mengambil foto yang lebih luas dan memberikan kesan ruangan yang lebih besar.

  4. Reflektor
    Reflektor dapat membantu memantulkan cahaya dan menghilangkan bayangan yang tidak diinginkan pada objek foto.

  5. Peralatan pendukung
    Jangan lupa untuk membawa peralatan pendukung seperti baterai cadangan, charger, dan aksesoris pelengkap lainnya

D. Riset Foto-Foto Properti Lain

Untuk perbandingan, Anda bisa membuat riset atau survey kecil-kecilan bagaimana hasil foto dari situs-situs properti yang ada. Darisana Anda dapat mempelajari bagaimana kualitas ketajaman, sudut pengambilan, sisi yang ditonjolkan dari properti tersebut dan seberapa relevan antara foto yang ditampilkan dengan iklan yang ditulis.

Kumpulkan referensi secukupnya beberapa referensi foto yang bagus dan Anda bisa melakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi) dari beberapa aspek foto tersebut. Contohnya, Anda bisa meniru angle nya, atau meniru tone warna, dll.

E. Gunakan Kamera Berkualitas

Jika Anda ingin menghasilkan foto-foto yang tajam dan berkualitas, maka gunakanlah kamera dengan hasil yang memuaskan. Saat ini, handphone sudah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni, sehingga Anda tidak perlu repot membawa kamera mirrorless atau kamera mahal lainnya.

Dengan menggunakan kamera berkualitas, Anda dapat mengabadikan momen-momen berharga dengan detail yang jelas dan warna yang hidup. Hasil foto yang bagus akan membuat gambar terlihat lebih menarik dan profesional. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan kamera berkualitas agar foto-foto Anda menjadi lebih memukau.

Kamera berkualitas juga sangat penting dalam dunia fotografi properti. Jika Anda ingin menjual rumah atau properti Anda, foto yang tajam dan berkualitas akan sangat membantu dalam menarik minat calon pembeli. Visualisasi yang menggugah akan membuat rumah terlihat lebih menarik dan mengundang minat.

Teknik Foto Properti Rumah Yang Baik

A. Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan yang cukup merupakan salah satu faktor penting dalam fotografi rumah agar hasilnya terlihat menarik. Dengan pencahayaan yang cukup, detail dan tekstur rumah akan terlihat jelas dan memberikan kesan yang lebih menarik bagi calon pembeli atau penyewa.

Untuk mendapatkan pencahayaan yang cukup, pastikan untuk memanfaatkan cahaya alami sebanyak mungkin dengan membuka jendela atau pintu yang ada di sekitar rumah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lampu tambahan seperti lampu sorot atau lampu studio untuk memberikan pencahayaan yang lebih terarah dan dramatis pada bagian-bagian tertentu rumah. Dengan pencahayaan yang cukup, foto rumah Anda akan terlihat lebih menarik dan dapat meningkatkan peluang untuk cepat terjual atau disewa.

B. Komposisi yang Menarik

Komposisi yang menarik dalam foto rumah untuk dijual sangatlah penting untuk menarik perhatian calon pembeli. Dalam mengambil foto properti, pastikan untuk memperhatikan tata letak dan penataan objek di dalam frame. Usahakan agar elemen-elemen utama seperti ruangan, furnitur, dan dekorasi terlihat seimbang dan teratur.

Dengan mengikuti prinsip komposisi yang baik, foto rumah Anda akan terlihat lebih menarik dan profesional, sehingga dapat meningkatkan minat calon pembeli.

Selain itu, perhatikan juga detail-detail kecil yang dapat menambah nilai estetika dalam foto rumah untuk dijual. Misalnya, pastikan bahwa ruangan dalam keadaan bersih dan rapi sebelum mengambil foto. Jika ada dekorasi atau aksesori yang menarik, seperti bunga segar atau perabotan yang unik, jangan ragu untuk menonjolkannya dalam foto.

Hal ini dapat memberikan kesan yang lebih menarik dan membuat calon pembeli tertarik untuk melihat lebih lanjut. Selain itu, perhatikan juga latar belakang foto. Pastikan bahwa tidak ada elemen yang mengganggu atau tidak relevan dengan properti yang dijual. Dengan memperhatikan detail-detail kecil ini, foto rumah Anda akan terlihat lebih menarik, sehingga meningkatkan peluang untuk cepat terjual.

C. Memilih Sudut Pengambilan Foto yang Tepat

Memilih sudut pengambilan foto rumah yang tepat merupakan hal yang penting untuk mendapatkan hasil foto yang menarik dan memikat. Ada beberapa teknik angle foto yang dapat digunakan, seperti eye level yang mengambil foto setinggi arah mata lurus memandang, bird’s eye view yang diambil dari ketinggian untuk melihat semua sudut, high angle yang lebih tinggi dari arah pandangan mata, dan low angle yang diambil dari angle lebih rendah dari mata. Setiap sudut pengambilan foto memiliki keunikan dan keindahannya sendiri. Dengan memilih sudut yang tepat, Anda dapat menampilkan keindahan dan karakteristik rumah dengan lebih baik. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan sudut pengambilan foto yang tepat untuk menghasilkan foto rumah yang menarik dan memukau.

D. Tonjolkan Kelebihan Rumah

Apa kelebihan rumah Anda? Kamar yang banyak? Halaman yang luas? Atau gaya arsitektur yang unik?

Hal ini dapat menjadi kelebihan yang bisa ditonjolkan untuk obyek pemotretan. Misal, halaman kebun yang luas akan cocok untuk calon pembeli yang suka bercocok tanam atau mengadakan barbeque.

Mengetahui kelebihan dari properti yang Anda jual sekaligus menampilkannya dalam bentuk foto yang bagus akan menjadikan rumah Anda berbeda dari ratusan iklan properti di luar sana.

Editing Foto Properti Agar Maksimal

A. Gunakan Software Editing Foto

Menggunakan software editing grafis adalah salah satu cara yang efektif untuk mengoptimalkan foto agar terlihat lebih menarik dan profesional. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat melakukan berbagai perbaikan seperti penyesuaian warna, kontras, kecerahan, dan juga menghapus objek yang tidak diinginkan.

Beberapa contoh software atau aplikasi populer untuk mengedit foto antara lain :

  • Adobe Photoshop (desktop)
  • Lightroom (android apps)
  • Snapseed (aplikasi android)
  • Canva (web based, desktop, apps)

Adobe Photoshop adalah salah satu software editing foto paling populer dan memiliki fitur yang lengkap untuk mengedit dan memanipulasi foto. Lightroom juga merupakan software yang sering digunakan oleh fotografer profesional untuk mengatur dan mengoptimalkan foto dalam jumlah besar. Snapseed adalah aplikasi editing foto gratis pada android yang memiliki fitur yang cukup lengkap dan dapat digunakan oleh pemula.

Sedangkan Canva adalah aplikasi online yang memungkinkan Anda untuk membuat desain grafis dan mengedit foto dengan mudah menggunakan berbagai template yang tersedia. Dengan menggunakan software editing grafis ini, Anda dapat menghasilkan foto yang berkualitas tinggi dan memukau.

B. Menjaga Keaslian dan Realisme Foto

Pentingnya menjaga keaslian dan realisme foto properti sangatlah penting agar tidak dikira palsu. Calon pembeli akan lebih tertarik dan percaya pada foto yang menampilkan rumah secara nyata dan sesuai dengan kondisi sebenarnya. Dengan menjaga keaslian dan realisme foto properti, calon pembeli dapat memiliki gambaran yang jelas tentang tampilan dan kondisi rumah yang akan mereka beli. Hal ini juga akan menghindarkan mereka dari kekecewaan ketika melihat rumah secara langsung. Oleh karena itu, sebagai penjual properti, kita harus berkomitmen untuk mengambil foto yang jujur dan menggambarkan rumah dengan sebaik-baiknya agar calon pembeli dapat membuat keputusan yang tepat.

C. Menyiapkan Berbagai Format Ukuran Media Sosial

Ketika mempromosikan rumah melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan platform lainnya, penting untuk memperhatikan format ukuran foto agar tampilannya maksimal. Setiap media sosial memiliki aturan ukuran yang berbeda, dan jika tidak memperhatikan hal ini, foto Anda mungkin terpotong atau terdistorsi saat diunggah.

Misalnya, untuk Facebook, ukuran foto yang direkomendasikan adalah 1200 x 630 piksel, sedangkan untuk Instagram, ukuran foto yang ideal adalah 1080 x 1080 pixel untuk feed. Dengan menyiapkan foto dengan format yang sesuai, Anda dapat memastikan bahwa tampilan properti Anda akan terlihat menarik dan profesional di setiap platform media sosial yang Anda gunakan. Jadi, pastikan untuk memeriksa dan menyesuaikan ukuran foto sebelum mengunggahnya agar promosi rumah Anda dapat mencapai potensi maksimal di media sosial.

Berikut ini adalah format gambar di beberapa social media dilansir dari hootsuite.com

format foto social media 2023

Tips Agar Cepat Laku

Daftarkan Ke Situs Jual Beli Rumah

Ada banyak situs jual beli rumah populer yang dapat Anda manfaatkan untuk meng-upload info properti yang Anda jual. Anda dapat mendaftar untuk membuat akun baru, dan membuat listing iklan rumah Anda.

Beberapa situs jual beli properti populer antara lain :

  • Rumah.com
  • Rumah123.com
  • 99.co
  • OLX
  • dll

Anda juga bisa mencoba melisting melalui website platform jual beli rumah strategis.id

Bagikan Link Listing Rumah di Media Sosial

Tak cukup hanya melisting, usaha Anda juga perlu dimaksimalkan dengan membagikan tautan/link listing Anda di website tersebut. Anda tidak pernah tahu darimana calon pembeli akan datang. Maka jika Anda mempunyai akun media sosial seperti facebook, instagram, tiktok, atau twitter, maka sayang jika tidak dimaksimalkan dengan membagikan informasi listing Anda.

Dalam menjual properti, foto rumah yang menarik memegang peranan penting agar rumah cepat laku terjual. Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, diperlukan

Post Terbaru

Kategori

Tags: