Tips Memilih Furniture Minimalis yang Tepat untuk Rumah Minimalis

Konsep rumah minimalis mengutamakan aspek kesederhanaan dan fungsi. Konsep tersebut populer untuk rumah ukuran kecil dan orang yang tidak mau ribet. Rumah minimalis memiliki karakteristik ruangan yang terbatas, fungsional, dan sederhana tetapi stylish. Salah satu yang perlu direncanakan adalah furnitur untuk kebutuhan rumah yang minimalis. Furniture minimalis dapat membuat ruang gerak menjadi leluasa, stylish tapi sederhana, dan lebih mudah dibersihkan tanpa memindahkan perabotan. Namun, bagaimana caranya pilih furniture minimalis untuk konsep rumah minimalis? Mari Simak tips dari Strategis.id di bawah ini.

1. Pertimbangkan Ukuran Ruangan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengukur ukuran ruangan dengan meteran dan mencatatnya. Kemudian, Anda pastikan ukuran furniture yang dipilih berukuran dan berbentuk minimalis untuk ruangan. Jika Anda membeli furniture yang terlalu besar, ruangan akan terasa sempit dan susah saat dibersihkan. Sebaliknya, furniture yang terlalu kecil tidak akan terlihat proporsional dan membuat ruangan terlihat kosong. Selain itu, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk menata furnitur secara virtual dan lebih mudah. Setelah itu, Anda dapat memilih perabotan yang diminati, misalkan meja lipat atau rak buku yang ditempel.

2. Pilih Furniture Multifungsi

Kemudian, furnitur multifungsi memiliki beberapa fitur dari perabotan dalam 1 barang. Furniture tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan menghemat tempat. Sehingga, ruangan terlihat lebih luas dimana Anda dapat bergerak dengan lebih leluasa. Contohnya, sofa bed yang dapat digunakan untuk duduk dan tidur. Selain itu, kursi yang dapat digunakan sebagai tangga kecil atau lemari yang memiliki cermin. Namun, Anda harus pastikan fungsi tambahan yang dapat akan diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Gunakan Warna Warna Netral

Setelah itu, rumah minimalis memiliki warna yang tidak bervariatif di dalam dan di luar. Jadi, Anda perlu memilih furniture yang memiliki warna netral yang menyatu pada dinding, lantai, perabotan yang terkesan elegan dan modern. Misalkan, warna putih, abu-abu terang, atau krem. Selain itu, Anda dapat mencocok warna furniture yang dipilih dengan warna dominan pada tembok ruangan. Anda juga dapat memilih aksesoris seperti bantal, karpet, atau lampu yang berwarna kontras. Pemilihan warna ini dapat membuat penampilan rumah terlihat harmonis dan seimbang untuk konsep rumah minimalis.

4. Pilih Furniture Dengan Desain yang Simpel

Langkah selanjutnya, pilihlah furniture dengan desain simple yang dapat membuat ruangan terlihat bersih dan rapi. Furniture yang desainnya simple dibuat dengan bentuk geometris dan garis sudut yang lurus. Furniture simple juga minimalis karena tidak memiliki banyak hiasan dan detail di luar dari bentuk normalnya. Desain yang simple memberikan kesan modern dan minimalis untuk rumah minimalis.

5. Pilih Brand Furniture yang Terpercaya

Biasanya brand terpercaya seperti Olympic dan IKEA memiliki manufaktur berkualitas dengan bahan yang lebih bagus. Brand terkenal juga memiliki garansi yang Anda dapat klaim jika dibeli di toko. Jadi, Anda sebaiknya membayar lebih sedikit sehingga lebih tenang dengan kualitas bahan yang oke dan garansi yang lebih terjamin.

6. Mempertimbangkan Bahan Perabotan

Anda dapat melihat banyak furniture dengan beberapa jenis bahan seperti bahan turunan dari kayu dan plastik. Setiap jenis bahan yang memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi ketahanan dan harga. Misalkan, kayu solid memiliki harga yang mahal tetapi dapat bertahan lebih lama dan materialnya lebih kuat dari plastik. Sayangnya, kayu bisa rusak jika sering dihinggapi rayap dan kelembapan yang tidak dikeringkan terlalu lama. Sehingga, Anda perlu merawatnya secara berkala untuk menghindari retak pada furniture yang berbahan kayu.

Cara Simple Merawat Furnitur Minimalis

Strategis ada tips anti ribet untuk Anda yang ingin membeli atau sudah memiliki furniture, berikut caranya:

  • Bagi furnitur yang menggunakan bahan dasar kayu, Anda perlu menaruhnya di ruangan yang kering dan sejuk. Karena suhu panas dan kelembapan dapat membuat kayu retak dan menyusut. Solusinya adalah pembersihan noda dengan cairan pembersih untuk menghindari infestasi rayap.
  • Bagi furniture plastic, Anda hanya perlu membersihkan secara berkala dan saat noda tertumpah permukaan plastic. Sehingga noda tidak menetap dan mudah dibersihkan.
  • Furniture logam perlu dibersihkan secara rutin dengan lap basah dan lap kering sehingga tidak karatan atau korosif.
  • Untuk kaca, Anda perlu memakai cairan pembersih dan kain micro fiber supaya kaca tidak baret dan kotor.

Demikian artikel dari kami, semoga Anda mendapatkan furniture yang cocok sesuai dengankebutuhan dan selera. Selamat mencoba!