Apa Itu One Gate System dan Mengapa penting?

Mengenal One Gate System atau Sistem Satu Gerbang

Sistem satu gerbang atau One Gate System adalah sebuah metode konsep keamanan lingkungan perumahan di mana akses utama perumahan dibatasi  melalui satu jalur atau pintu masuk utama yang diawasi oleh petugas keamanan 24 jam non stop.

Kelebihan dan Kekurangan One Gate System

Kelebihan

  • Lebih aman karena lebih mudah diawasi
  • Lebih nyaman untuk penghuni yang mencari ketenangan karena tidak memperbolehkan keluar masuk selain penghuni
  • Lingkungan yang tidak berisik

Kekurangan

  • Biaya tambahan untuk penghuni
  • Pemeriksaan saat memasuki area perumahan membutuhkan sedikit waktu
  • Beberapa perumahan mewajibkan meninggalkan KTP untuk jaminan

Efektifitas One Gate System Terhadap Potensi Risiko Kriminal

Penerapan sistem One Gate System dalam area perumahan telah terbukti efektif dalam mengurangi tingkat kriminalitas. Dengan sistem ini, pengendalian akses ke perumahan menjadi lebih ketat.

Pada umumnya rata-rata kejadian pencurian di perumahan sering kali dilakukan oleh individu yang bukan merupakan penghuni perumahan. Mereka sering berpura-pura sebagai penjual, sales, pengemudi ojek daring, atau bahkan ada yang berpura-pura menjadi petugas dari pemerintah/BUMN seperti PAM, PLN, Dinas Pajak, PGN, dan lainnya.

Praktek ini bertujuan untuk mengelabui penghuni dan petugas keamanan, memungkinkan mereka untuk mengakses perumahan tanpa sepengetahuan atau izin yang sah.

Oleh karena itu, sistem keamanan seperti One Gate System menjadi sangat penting untuk mencegah akses yang tidak diinginkan, meningkatkan pengawasan, dan melindungi perumahan dari potensi tindak kriminalitas yang dilakukan oleh individu yang tidak berhak.

Contoh Penerapan Keamanan One Gate System

Manual dengan meninggalkan KTP untuk tamu

Dalam sistem ini, tamu yang datang ke perumahan biasanya diminta untuk melengkapi buku tamu dengan meninggalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka bersama informasi kontak. 

Hal ini bertujuan untuk mencatat siapa yang mengunjungi perumahan, serta memberikan jejak jika terjadi insiden atau kejadian yang memerlukan investigasi lebih lanjut. Poin ini penting dalam menjaga keamanan dan mengidentifikasi tamu yang berkunjung ke perumahan.

Pencatatan nomor mobil non penduduk

Untuk kendaraan yang dimiliki oleh orang yang bukan penduduk perumahan, pencatatan nomor mobil menjadi hal penting. Hal ini  membantu pengelola atau petugas keamanan mengenali kendaraan asing yang berkunjung ke dalam perumahan, serta memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi kendaraan yang tidak dikenal. Pencatatan nomor mobil non penduduk merupakan langkah preventif dalam mengontrol akses ke perumahan.

Pembatasan Akses

Sistem satu gerbang juga seringkali melibatkan kebijakan yang membatasi akses bagi pihak seperti penjual door-to-door, pedagang kaki lima (PKL), pengumpul sumbangan, pengemis, dan orang dengan masalah sosial (PMKS). 

Pembatasan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penghuni, serta mencegah gangguan yang mungkin ditimbulkan oleh pihak-pihak tersebut. Diharapkan dengan pembatasan ini lingkungan perumahan menjadi lebih teratur dan aman.

Pemberlakuan Jam Malam

Pemberlakuan jam malam adalah langkah penting dalam meningkatkan keamanan perumahan. Biasanya, selama jam malam, akses ke perumahan menjadi lebih terbatas, dan pengawasan lebih ketat diterapkan. Ini dapat melibatkan penutupan gerbang atau peningkatan patroli keamanan pada malam hari. Pemberlakuan jam malam membantu mencegah aktivitas kriminal dan memastikan ketenangan penghuni selama jam-jam yang rawan.

Teknologi Yang Digunakan di One Gate System

Sistem keamanan dan pengawasan dalam perumahan modern semakin canggih dan terintegrasi. Di bawah ini adalah komponen-komponen utama yang digunakan dalam sistem keamanan seperti yang Anda sebutkan:

CCTV Resolusi HD dengan Pos Security sebagai Tempat Monitoring:

CCTV dengan resolusi HD adalah bagian penting dari sistem pengawasan. Dengan kualitas gambar yang tinggi, mereka memungkinkan pemantauan visual yang baik untuk seluruh area perumahan. Pos Security sebagai tempat monitoring adalah pusat kontrol di mana petugas keamanan dapat memantau aktivitas di layar CCTV, serta merespons situasi darurat jika diperlukan.

Smart Card untuk Akses Keluar Masuk dan Portal Otomatis:

Smart Card adalah solusi modern untuk mengelola akses ke perumahan. Penghuni diberikan kartu pintar yang dapat digunakan untuk membuka pintu gerbang dan pintu masuk perumahan. Kartu ini juga dapat diintegrasikan dengan sistem portal otomatis, memungkinkan akses yang lebih aman dan efisien.

Smart Sensor untuk Merekam Lalu Lintas Keluar Masuk:

Smart Sensor, seperti yang digunakan dalam sistem pintu otomatis, memungkinkan perumahan untuk merekam lalu lintas keluar dan masuk secara otomatis. Sensor ini mendeteksi gerakan atau penggunaan smart card, mencatat waktu dan tanggal aktivitas, dan dapat digunakan untuk pemantauan keamanan dan audit akses.

QR/Apps untuk Akses Portal Otomatis melalui Smartphone:

QR Code atau aplikasi khusus pada smartphone dapat digunakan oleh penduduk asli untuk mengakses portal otomatis. Ini adalah opsi yang nyaman dan aman, karena hanya penghuni yang memiliki akses ke QR Code atau aplikasi ini dapat masuk ke dalam perumahan. Selain itu, mereka dapat mengontrol akses mereka sendiri melalui smartphone mereka.

Kombinasi semua elemen ini menciptakan sistem keamanan yang canggih dan terintegrasi dalam perumahan. Mereka memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi, efisiensi dalam mengelola akses, serta kemudahan akses bagi penghuni asli melalui perangkat mobile mereka. 

Dengan adanya teknologi ini, perumahan dapat memberikan rasa aman dan kenyamanan yang lebih baik bagi penghuninya.

 

Post Terbaru

Kategori

Tags: